Lanud El Tari gelar "open base" bagi masyarakat umum di Kupang

id NTT,Lanud EL Tari,Open Base,KOta Kupang,F-16

Lanud El Tari gelar "open base" bagi masyarakat umum di Kupang

Sejumlah pelajar menyaksikan kedatangan pesawat tempur jenis F-16 yang tiba di Lanud El Tari Kupang, Sabtu. ANTARA/Kornelis Kaha.

Jadi memang sengaja dibuka untuk para pelajar di sekitar Lanud dan masyarakat di Kota Kupang dengan harapan ke depannya semakin banyak anak muda di Kota Kupang berminat menjadi prajurit TNI AU...
Kupang (ANTARA) - Pangkalan Udara (Lanud) El Tari Kupang mengelar pameran alutsista atau open base di Kota Kupang, bersamaan dengan datangnya enam pesawat tempur TNI AU jenis F-16 dan satu unit pesawat Hercules dari Darwin, Australia.

Panglima Komando Operasi Udara (Pangkoopsud) II Marsda TNI Dr. Budhi Achmadi, kepada wartawan di Kupang, Sabtu, (3/8) mengatakan bahwa pihaknya sengaja mengelar pameran itu sebagai bagian dari upaya promosi TNI AU kepada masyarakat umum khususnya generasi muda.

“Jadi memang sengaja dibuka untuk para pelajar di sekitar Lanud dan masyarakat di Kota Kupang dengan harapan ke depannya semakin banyak anak muda di Kota Kupang berminat menjadi prajurit TNI AU,” katanya.

Pameran ini juga ujar dia sebagai bagian dari memupuk kebanggaan terhadap bangsa Indonesia, karena memiliki banyak alutsista, sehingga ke depan tentunya diharapkan anak-anak muda di daerah itu bisa menjadi operator untuk pesawat tempur dan alutsista lainnya.

Komandan Lanud El Tari Kupang Marsma TNI Djoko Hadipurwanto mengatakan pameran yang hanya dilakukan dalam sehari itu melibatkan sejumlah sekolah yang ada di sekitar Lanud El Tari.

“Jadi anak-anak yang kita undang ini adalah dari sekolah Angkasa. Kita punya TK-SD dan SMP kita undang semua,” ujar dia.

Tetapi memang terbuka untuk umum juga, sehingga banyak yang hadir, dan pihaknya sengaja membuka kembali pameran tersebut karena antusias masyarakat khususnya anak-anak sangat tinggi.

Karena itu ujar dia dibuka kembali walaupun hanya satu hari saja kegiatan pamerannya. Dalam pameran itu, pihaknya memamerkan enam unit pesawat tempur jenis F-16 dan satu pesawat Hercules.

Selain itu ada juga pameran senjata laras panjang serta pendek dan berbagai miniatur pesawat tempur yang dimiliki oleh TNI AU.

Baca juga: Lanud El Tari siap sambut fasilitas pendukung pertahanan udara

“Anak-anak senang sekali. Walaupun panas tetapi mereka senang karena bisa melihat langsung pesawat-pesawat tempur,” kata Lia seorang ibu yang membawa tiga anaknya untuk menyaksikan pameran itu.

Baca juga: Pilot Pesawat T-50i Golden Eagle jatuh dipastikan gugur

Dia berharap agar pameran seperti ini bisa terus dilakukan, dengan berbagai jenis pesawat tempur lainnya karena menurut dia, Indonesia, khususnya TNI AU memiliki beberapa pesawat tempur.