Bupati Mabar kukuhkan 40 anggota Paskibraka 2024

id Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi, Paskibraka, Labuan Bajo, Kemerdekaan, Republik Indonesia

Bupati Mabar kukuhkan 40 anggota Paskibraka 2024

Suasana pengukuhan anggota Paskibraka Kabupaten Manggarai Barat tahun 2024 di Labuan Bajo, Jumat (16/8/2024). (ANTARA/Gecio Viana)

...Tidak hanya sekadar seremonial, tetapi juga sebuah refleksi mendalam tentang perjuangan, pengorbanan, dan dedikasi yang telah membawa kita ke titik ini, katanya
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengukuhkan 40 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024 untuk bertugas pada upacara peringatan HUT Ke-79 RI di daerah setempat.
 
Kegiatan tersebut digelar di Kantor Bupati Manggarai Barat di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat, (16/8).
 
Para anggota Paskibraka tersebut akan mengemban tugas pada upacara pengibaran dan penurunan duplikat bendera pusaka pada peringatan Hari Ulang Tahun Ke-79 Kemerdekaan RI  di Lapangan Kantor Bupati Manggarai Barat pada 17 Agustus 2024.
 
Pengukuhan yang secara simbolis ditandai dengan pemasangan kendik kecakapan oleh Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi kepada pemimpin upacara.
 
Bupati Edistasius Endi mengatakan peringatan HUT Ke-79 RI untuk mengingat semangat patriot para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan.
 
"Tidak hanya sekadar seremonial, tetapi juga sebuah refleksi mendalam tentang perjuangan, pengorbanan, dan dedikasi yang telah membawa kita ke titik ini," katanya.

Menurut dia, kemerdekaan simbol dari tekad kuat dan keberanian para pahlawan bangsa yang telah berjuang demi tanah air.

Baca juga: Pegiat konservasi siap lepas ratusan ekor tukik jelang HUT ke-79 RI
 
Ia menjelaskan tema peringatan HUT Ke-79 RI yaitu, "Nusantara Baru, Indonesia Maju" bukan sekadar slogan, tetapi panggilan bagi semua pihak untuk melihat dan merasakan perubahan yang sedang dan akan terus dilakukan menuju Indonesia yang maju.

Baca juga: Bupati Mabar sebut pameran hiburan rakyat menjadi ajang perekat persatuan
 
"Nusantara baru mencerminkan transformasi besar yang sedang terjadi di negeri kita, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote," katanya.