Bupati Mabar sebut pameran hiburan rakyat menjadi ajang perekat persatuan

id Bupati Mabar, Edistasius Endi, Edi Endi, Pameran Hiburan Rakyat, Kecamatan Komodo, HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indone,Mabar,Labuhan bajo

Bupati Mabar sebut pameran hiburan rakyat menjadi ajang perekat persatuan

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi. ANTARA/HO-Kominfo Manggarai Barat

Tali persaudaraan kita kian erat sekaligus memperteguh dan memperkokoh persatuan dan kesatuan...
Labuan Bajo (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT), Edistasius Endi menyatakan pameran hiburan rakyat menjelang Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia menjadi ajang untuk semakin mempererat tali persaudaraan antarwarga di daerah itu.
 
"Tali persaudaraan kita kian erat sekaligus memperteguh dan memperkokoh persatuan dan kesatuan," katanya dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin, (5/8).
 
Ia menyampaikan hal tersebut dalam pembukaan pameran hiburan rakyat menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Mbuhung, Desa Tiwu Nampar, Kecamatan Komodo.

Bupati yang akrab disapa Edi Endi itu menambahkan kegiatan hiburan rakyat itu juga harus dijadikan sebagai ajang untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi desa dan kelurahan di Kecamatan Komodo.
 
Menurut dia hari kemerdekaan Republik Indonesia harus diisi dengan kegiatan yang memperkenalkan produktivitas, keahlian dan hasil kerajinan warga.
 
“Ini merupakan ajang memperkenalkan kekhasan produk lokal yang dihasilkan oleh masyarakat yang ada di Kecamatan Komodo," katanya.
 
Ia juga mengimbau kepada Pemerintah Kecamatan Komodo dan seluruh panitia kegiatan pelaksana agar stan yang sudah siapkan harus menyajikan produk lokal seperti makanan dan minuman lokal serta produk ekonomi kreatif seperti topi rea, lipa songket dan selendang songket.
 
Ketua panitia penyelenggara pameran hiburan rakyat Melkior Samsudin menyebut kegiatan yang digelar hingga 18 Agustus 2024 itu bertujuan untuk memperkuat rasa nasionalisme dengan mensyukuri dan menikmati kemerdekaan.

Baca juga: Pemkab Mabar imbau pemilik kapal wisata pastikan pemadam api berfungsi
 
"Caranya dengan memajukan UMKM sekaligus mempererat tali silahturahim antarwarga dan menunjukkan bakat yang dimiliki di atas panggung melalui berbagai lomba," katanya.

Baca juga: Pemkab Mabar wajibkan pelaku kuliner informasikan harga menu
 
Ia menambahkan rangkaian kegiatan yang dilakukan antara lain pameran produk UMKM dari seluruh desa, pertandingan bola voli putri, atraksi caci dan lomba karaoke.