Penggunaan gadget orang tua bisa ciptakan pola yang sama pada anak

id Bahaya gadget,tips atasi anak kecanduan gadget

Penggunaan gadget orang tua bisa ciptakan pola yang sama pada anak

Ilustrasi anak pekerja migran Indonesia tengah asyik menonton film dari ponsel pintar sebelum keberangkatan ke bandara di Balai Pelayanan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Kalimantan Barat di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (3/8/2022). ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/wsj.

...Kita harus pastikan dulu bahwa penggunaan kita terkait teknologi digital terutama gadget itu tepat, barulah kita membantu anak, kata Anrilia dalam diskusi daring yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Dinas

Jakarta (ANTARA) - Pengurus Pusat Himpunan Psikologi Indonesia (PP HIMPSI) Anrilia E. M. Ningdyah, PH.D., Psikolog mengingatkan pola penggunaan gadget (gawai) pada orang tua bisa membentuk pola yang sama pada anak-anak.

Anrilia menjelaskan orang tua memiliki peran penting dalam memberikan contoh serta mengawasi anak-anak dalam penggunaan gadget.

“Kita harus pastikan dulu bahwa penggunaan kita terkait teknologi digital terutama gadget itu tepat, barulah kita membantu anak,” kata Anrilia dalam diskusi daring yang digelar Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bersama Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) di Jakarta, Kamis, (29/8).

Anrilia menjabarkan orang tua perlu menyadari penggunaan gadget yang tepat sebelum kemudian menerapkan pola yang sama kepada anak-anak.

Apabila orang tua menggunakan gadget hingga mengganggu pola tidur, aktivitas fisik, dan nutrisi, maka hal itu menandakan penggunaan gadget yang tidak tepat.

Selain itu, apabila penggunaan gadget sudah mengurangi interaksi sosial, orang tua juga perlu mewaspadai kondisi ini.

“Pastikan juga penggunaan gadget tidak mengganggu peran orang tua kepada anak-anak,” kata Anrilia.

Untuk itu, orang tua pun perlu lebih dulu memperbaiki pola penggunaan gadget agar lebih mudah untuk mengarahkan anak-anak dalam hal menggunakan gadget.

Baca juga: Ini harga Vivo Y21s yang baru saja dirilis di Indonesia
Baca juga: Penggunaan gawai tak tepat berdampak bagi masa depan anak









Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Penggunaan gadget oleh orang tua bisa ciptakan pola serupa pada anak