Bapaslon Bupati-Wabup Edi-Weng menjadi pendaftar pertama Pilkada Mabar

id Pilkada, Edistasius Endi, Edi-Weng, Manggarai Barat, NTT, KPU Manggarai Barat, pendaftaran,Bapaslon Bupati-Wabup Edi-Wen

Bapaslon Bupati-Wabup Edi-Weng menjadi pendaftar pertama Pilkada Mabar

Foto bersama usai pendaftaran bapaslon bupati-wabup Manggarai Barat Edistasius Endi-Yulianus Weng di KPU Manggarai Barat. (ANTARA/Gecio Viana)

...Hari pertama dan kedua tidak ada pendaftar, hari ketiga ini ada tiga pemberitahuan dan kami telah atur waktunya
Labuan Bajo (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manggarai Barat (Mabar) Nusa Tenggara Timur (NTT) menerima bakal pasangan calon (bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Yulianus Weng atau Edi-Weng sebagai pendaftar pertama pada hari terakhir pendaftaran Pilkada 2024, Kamis.

KPU Manggarai Barat telah membuka pendaftaran pada 27-29 Agustus 2024.
 
Ketua KPU Manggarai Barat Ferdiano Sutarto Parman mengatakan pihaknya telah menerima sebanyak tiga pemberitahuan pendaftaran bapaslon bupati-wabup pada hari terakhir pendaftaran.
 
"Hari pertama dan kedua tidak ada pendaftar, hari ketiga ini ada tiga pemberitahuan dan kami telah atur waktunya," katanya.
 
Lebih lanjut ia menjelaskan, bapaslon bupati-wabup Edistasius Endi dan Yulianus Weng diusung oleh tujuh gabungan partai politik dengan total suara sah sebanyak 92.826 suara.
 
"Berdasarkan pemeriksaan terhadap kehadiran pimpinan partai politik dalam acara pendaftaran dapat informasikan bahwa tujuh pimpinan partai politik terdiri dari ketua dan anggota masing-masing partai politik yakni Nasdem, PKS, PBB, PDIP, PKB, PPP dan Gerindra hadir lengkap," katanya.
 
KPU Manggarai Barat telah memastikan kelengkapan dan kebenaran dokumen persyaratan pencalonan dan memastikan kelengkapan dokumen persyaratan calon. Berdasarkan hasil pemeriksaan pendaftaran Edi-Weng dinyatakan diterima.
 
"Kami telah memeriksa syarat pencalonan maupun syarat calon dan memberikan status pendaftaran kepada bakal pasangan calon ini diterima, kami sudah memberikan tanda terimanya sekaligus surat pengantar yang wajib dibawa oleh para pasangan calon ini untuk mengikuti pemeriksaan kesehatan," katanya.
 
Bakal pasangan calon bupati-wabup Edi-Weng selanjutnya akan menjalani pemeriksaan jasmani, rohani dan pemeriksaan bebas penyalahgunaan narkotika di RSUP Ben Mboy Kupang.
 
Bakal calon Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menyampaikan terima kasih atas dukungan partai politik pendukung, keluarga dan simpatisan kepada pasangan Edi-Weng dalam Pilkada 2024.
 
"Kami berharap semua tahapan berjalan semua tahapan berjalan aman, lancar dan sukses," katanya.
 
Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Manggarai Barat petahana pihaknya menargetkan kemenangan mutlak dalam Pilkada 2024.
 
"Edi-Weng bukan merebut kekuasaan tapi bagaimana menjaga keberlanjutan apa yang telah dibuat untuk memastikan kabupaten ini maju dan rakyatnya sejahtera," tegasnya.
 
Ia juga berharap penyelenggara Pilkada di daerah itu dapat menjalankan tugasnya dengan baik sesuai tahapan Pilkada 2024.
 
"Edi-Weng begitu juga partai pengusung sangat berharap bahwa penyelenggara baik KPU dan Bawaslu bertindak sebagai wasit yang adil dan benar karena kapan mereka berdiri tegak sebagai wasit kami yakini bahwa Pilkada ini berkualitas, kalau Pilkada yang berkualitas maka tentunya pemimpin yang lahir berkualitas," katanya.

Baca juga: Polisi kerahkan 100 personel amankan pendaftaran Pilkada Mabar
 
Sementara itu KPU Manggarai Barat tengah menunggu pendaftaran bapaslon bupati-wabup kedua yakni Christo Mario Y Pranda-Richardus Tata Sontani atau Mario-Richard.

Baca juga: Anies Baswedan ditinggalkan semua parpol

Baca juga: Ratusan personel kawal pendaftaran Cagub-Wagub di KPU NTT
 
Mario-Richard diketahui diusung sebanyak sembilan partai pengusung diantaranya Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, Partai Perindo, Partai Umat, Partai Gelora, PSI, Partai Buruh dan Partai PKN.