PASI NTT: Exotic Run di Kupang untuk jaring atlet berbakat

id NTT,Kota Kupang,Exotic Run,PASI NTT

PASI NTT: Exotic Run di Kupang untuk jaring atlet berbakat

Ketua PASI NTT Theodorus Widodo (ketiga kanan) berpose bersama PJ Gubernur NTT dn pejabat lainnya di Kupang. ANTARA/Ho-Humas Pemprov

...Tentunya ini untuk jangka panjang ya, untuk mencari atlet-atlet berbakat yang bisa kita jaring untuk menjadi atlet cabang olahraga atletik, kata Ketua PASI NTT Theodorus Widodo di Kupang, Jumat, (30/8)
Kupang (ANTARA) - Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Nusa Tenggara Timur menyatakan bahwa event Exotic Run yang akan dibuka pada Sabtu (31/8) bertujuan untuk menjaring atlet-atlet berbakat dari provinsi Nusa Tenggara Timur menyambut NTT menjadi tuan rumah PON pada 2028 mendatang.

“Tentunya ini untuk jangka panjang ya, untuk mencari atlet-atlet berbakat yang bisa kita jaring untuk menjadi atlet cabang olahraga atletik,” kata Ketua PASI NTT Theodorus Widodo di Kupang, Jumat, (30/8).

Hal ini disampaikannya berkaitan dengan pelaksanaan Exotic Run yang akan dihadiri oleh Ketua Umum PASI Indonesia Luhut Binsar Pendjaitan dan dibuka oleh dirinya pada Sabtu (31/8) pagi.

PASI NTT mencatat kurang lebih 4.300 atlet lari yang akan mengikuti event lari terbesar di provinsi berbasis kepulauan itu. Ribuan pelari itu sudah mendaftar dari jauh-jauh hari.

Theo mengaku bahwa 4.300 pelari yang mengikuti event tersebut tidak hanya dari wilayah NTT saja, namun berasal dari seluruh Indonesia.

“Karena event ini adalah event terbuka untuk umum, jadi bukan hanya untuk NTT saja,” ujar dia.

Lebih lanjut kata dia, pelaksanaan Exotic Run itu menampilkan dua kategori, yakni kategori pelajar dan juga kategori umum, sehingga banyak atlet yang ikut.

Selain pelaksanaan Exotic Run, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur juga menggelar Jazz Festival Night yang akan dimulai pada Sabtu (31/8) malam.

Pj Gubernur Nusa Tenggara Timur Ayodhia Kalake mengatakan bahwa Jazz Festival Night merupakan momentum pesta rakyat yang wajib dihadiri oleh masyarakat yang ada di Kota Kupang.

Baca juga: Kupang Exotic Run-Jazz Festival mampu tingkatkan ekonomi NTT

Dua event terbesar di NTT yang digelar itu juga sebagai momentum untuk memperkenalkan potensi wisata atau pesona NTT kepada atlet dari luar daerah yang hadir.

“Selain mempromosikan pesona NTT, ajang terbesar itu juga sebagai ajang untuk mencari bibit-bibit atlet pelari asal Nusa Tenggara Timur. Dan tentu saja mempromosikan gaya hidup sehat dan membangun semangat komunitas," ujar dia.

Baca juga: Pj. Gubernur: Kupang Exotic Run dan Jazz Festival 2024 promosi pesona NTT