Masyarakat Ngada diimbau waspadai potensi hujan

id BMKG, prakiraan cuaca, Kabupaten Ngada, NTT, Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai, hujan

Masyarakat Ngada diimbau waspadai potensi hujan

Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan (ANTARA/HO-Dokumentasi Pribadi)

...Waspadai potensi peningkatan kecepatan angin yang dapat melebihi dari 25 km/jam, kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Senin, (23/9)
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga di Kabupaten Ngada, Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang yang terjadi pada siang hingga sore hari pada 24-25 September 2024.
 
"Waspadai potensi peningkatan kecepatan angin yang dapat melebihi dari 25 km/jam," kata Kepala Stasiun Meteorologi Frans Sales Lega Manggarai Decky Irmawan dihubungi dari Labuan Bajo, Senin, (23/9).
 
Ia menjelaskan berdasarkan prospek cuaca mingguan Kabupaten Ngada tanggal 24-30 September 2024, kabupaten itu akan mengalami cuaca yang bervariasi mulai dari cerah berawan, berawan, hujan ringan dan hujan ringan hingga sedang.
 
Ia merinci pada pada tanggal 26-27 September 2024 diprakirakan cuaca cerah berawan pada pagi hari, hujan ringan pada siang hari dan pada malam hari diprakirakan berawan.
 
Lebih lanjut, pada 28-30 September 2024 diprakirakan cuaca pada pagi hari cerah berawan, pada siang hari berawan dan cuaca cerah berawan pada malam hari.
 
"Masyarakat diimbau agar mengantisipasi dampak yang ditimbulkan oleh kondisi cuaca sebagaimana dinyatakan dalam informasi peringatan dini," katanya.
 
Decky Irmawan juga mengimbau masyarakat di Kabupaten Ngada memanfaatkan informasi cuaca untuk meningkatkan pemahaman dan kepedulian dalam pencegahan atau pengurangan risiko bencana hidrometeorologi.

Baca juga: BMKG : kondisi El Nino picu hujan di NTT

Baca juga: BMKG perkirakan hujan di sejumlah kota besar
 
"Informasi terkait cuaca dapat diakses melalui aplikasi infobmkg, signature.bmkg.go.id dan Facebook atau Instagram: bmkgmanggarai," katanya.