BPOLBF luncurkan E-Magazine 10 Gastronomi Lokal Labuan Bajo Flores

id BPOLBF, gastronomi, E-Magazine 10 Gastronomi Lokal Labuan Bajo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Frans Teguh, Pariwisata, Kuliner

BPOLBF luncurkan E-Magazine 10 Gastronomi Lokal Labuan Bajo Flores

E-Magazine Gastronomi Lokal Labuan Bajo Flores yang dirilis BPOLBF (ANTARA/HO-Divisi Komunikasi Publik BPOLBF)

...Gastronomi lokal adalah salah satu kekayaan budaya yang sangat penting dalam dunia pariwisata karena dapat memperkaya pengalaman wisatawan, kata Pelaksana Tugas (Plt) BPOLBF Frans Teguh dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin, (30/9)
Labuan Bajo (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) meluncurkan E-Magazine Gastronomi Lokal Labuan Bajo Flores yang merepresentasikan kuliner dan cita rasa yang menggunakan bahan dan rempah-rempah lokal di Manggarai, Flores bertepatan dengan Hari Pariwisata Dunia tahun 2024.
 
"Gastronomi lokal adalah salah satu kekayaan budaya yang sangat penting dalam dunia pariwisata karena dapat memperkaya pengalaman wisatawan," kata Pelaksana Tugas (Plt) BPOLBF Frans Teguh dalam keterangan yang diterima di Labuan Bajo, Senin, (30/9).
 
E-Magazine Gastronomi Lokal Labuan Bajo Flores ini berisi galeri foto serta narasi berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tentang 10 Kuliner Khas Labuan Bajo Flores yaitu Bobo, Rebok, Kopi Tuk, Songkol, Latung Bombo, Nuru Cuing, Kolo, Lenco, Serabe, Lomak, dan Baru Ikan. 
 
E-Magazine ini juga merupakan hasil dari Focus Group Discussion (FGD) Gastronomi Labuan Bajo bertema 'Menciptakan Kembali Masakan Nenek Moyang Kita' pada Jumat (13/9/2024) lalu di Kantor BPOLBF. 
 
Frans Teguh menjelaskan keunikan rasa dari tradisi kuliner setempat bukan hanya sekadar pelengkap perjalanan, tetapi merupakan bagian integral dari identitas dan daya tarik destinasi. 
 
Dengan mempromosikan gastronomi lokal, lanjut dia, kita tidak hanya memperkenalkan wisatawan pada rasa yang unik, tetapi juga mendukung perekonomian lokal dengan memberdayakan petani, nelayan, dan pelaku usaha kuliner setempat. 
 
"Hal ini menciptakan ekosistem pariwisata yang berkelanjutan dan saling menguntungkan,"kata Frans. 
 
Sekertaris Dinas Pariwisata, Ekonomi Kreatif dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Barat Chrispin Mesima menyampaikan bahwa gastronomi secara luas merupakan ekosistem kuliner yang komperhensif, yang bisa menjadi ruang untuk pengembangan dalam jangka panjang serta dapat mengembangkan ekosistem pariwisata. 
 
"Bicara gastronomi berarti bagaimana kita berpikir dari hulu hingga hilir untuk pengembangan kuliner di Pulau Flores, intinya kita ingin mengembangkan ekosistem kuliner yang menjadi salah satu subsektor ekonomi kreatif, ini menjadi salah satu upaya kami kedepannya untuk terus menggali potensi kuliner bersama para ahli gastronomi tentunya," ujar Chrispin. 
 
Selanjutnya, E-Magazine Gastronomi Lokal ini akan disebarkan kepada para Asosiasi, pelaku usaha wisata hotel maupun restoran dan diharapkan dapat makin memperkaya dan mengenalkan khazanah kuliner lokal Labuan Bajo Flores untuk para wisatawan yang datang berkunjung ke Labuan Bajo.

Baca juga: BPOLBF tekankan kerja sama mitra kembangkan wisata di Labuan Bajo

Baca juga: BPOLBF gelar webinar sambut hari pariwisata sedunia 2024
 
E-Magazine ini dapat dapat diunduh atau diakses melalui *https://bit.ly/E-Magazine_Gastronomi_Lokal-Manggarai*, melalui Sub Menu Informasi Setiap Saat pada Website *https://labuanbajoflores.id/ppid/public-informations/informasi_setiap_saat*, atau melalui Barcode yang tersedia di Tourist Information Center (TIC) Kantor BPOLBF di Jalan Soekarno Hatta Nomor 88, Labuan Bajo dan media sosial BPOLBF.