Puluhan ribu mahasiswa Undana Kupang terancam tidak ikut pemilu

id undana

Puluhan ribu mahasiswa Undana Kupang terancam tidak ikut pemilu

Alfridus Dari, pegamat politik dari FISIP Universitas Nusa Cendana Kupang. (ANTARA FOTO/Benny Jahang)

Puluhan ribu mahasiswa Undana Kupang terancam tidak mengikuti Pemilu 2019 karena tidak mengantongi formulir C5
Kupang (ANTARA) - Puluhan ribu mahasiswa Universitas Negeri Nusa Cendana (Undana) Kupang, Nusa Tenggara Timur terancam tidak ikut memberikan hak suara dalam pemilu serentak 17 April 2019 karena kesulitan mendapatkan formulir C5.

"Kami terus mendorong para pemilih milenial di Undana untuk ikut memberikan hak suara karena dengan memberikan suara maka ikut menentukan masa depan bangsa ini, namun para mahasiswa banyak yang tidak mengantongi formmulir C5 sebagai syarat bisa ikut memberikan hak pilih pada pemilu 2019," kata Alfridus Dari, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Undana Kupang dalam kegiatan workshop pengawasan partisipatif Pemilu 2019 yang berlangsung di Kupang Jumat (22/3).

Ia mengatakan, Undana bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah melakukan beberapa kegiatan diskusi bersama para mahasiswa terkait pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

Dalam diskusi itu, menurut Alfridus, terungkap masih banyak mahasiswa belum memahami secara utuh terhadap pelaksanaan pemilu serentak 2019 karena minimnya sosialisasi dilakukan penyelengara pemilu.

Saat ini Undana Kupang memiliki 30.000 orang mahasiswa sebagian besar berasal dari luar Kota Kupang sehingga kesulitan untuk mendapatkan formulir C5.

"Hal itulah yang mendorong kami terus memotivasi mahasiswa untuk tidak golput pada pemilu nanti dan terus berupaya agar ikut terdaftar sebagai pemilih pada pemilu 17 April 2019," kata Alfridus.

Dikatakannya, salah satu kendala dihadapi puluhan ribu mahasiswa di lembaga perguruan tinggi negeri di NTT itu banyak yang tidak terdaftar sebagai pemilih di daerah asalnya.

"Kami sudah mendorong mahasiswa untuk mengurus formulir C5 namun kesulitan yang dihadapi mahasiswa harus mengurus formulir C5 serta waktu pelaksanaan pemilu serentak 2019 sudah sangat dekat," tegas Alfridus.

Ia berharap ada kebijakan KPU Pusat untuk memberikan kemudahan terhadap para pemilih milenial itu sehingga puluhn ribu mahasiswa Undana tetap memberikan hak suara pada pemilu 2019 tanpa harus mengantongi formulir C5.

"Jika tidak ada kebijakan khusus maka dapat dipastikan puluhan ribu mahasiswa kami tidak ikut memilih dalam pemilu mendatang karena kesulitan mendapatkan formulir C5 dari daerah asalnya," tegas Alfridus. 

Baca juga: GP NasDem ajak mahasiswa Undana jangan golput
Baca juga: Tokoh adat beri kuliah umum di Undana