253 rumah tangga dapat bantuan listrik gratis dari Kementerian ESDM

id Listrik gratis

253 rumah tangga dapat bantuan listrik gratis dari Kementerian ESDM

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menyalakan meteran listrik di salah satu rumah warga penerima bantuan penyambungan listrik gratis dari ASN Kementerian ESDM di Kelurahan Sonraen, Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Rabu (14/8/2019). ANTARA/Aloysius Lewokeda

Kementerian ESDM membantu penyambungan listrik gratis untuk 253 rumah tangga di wilayah Kabupaten Kupang yang bersumber dari sumbangan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kementerian tersebut.
Kupang (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membantu penyambungan listrik gratis untuk 253 rumah tangga di wilayah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang bersumber dari sumbangan para aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan kementerian tersebut.

Bantuan diserahkan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana dalam kunjungannya ke Kelurahan Sonraen, Kecamatan Amarasi Selatan, Kabupaten Kupang, NTT, Rabu (14/8).

"Catatan kami memang masih banyak saudara-saudara kita yang sampai saat ini belum menikmati listrik karena terkendala biaya pemasangan," kata Rida Mulyana kepada wartawan di Kelurahan Sonraen.

Ia menjelaskan, pihaknya mendapat informasi bahwa masih banyak warga di berbagai daerah yang kesulitan membayar biaya penyambungan listrik baru dengan kisaran Rp1,5 juta-Rp2 juta.

Untuk itu, lanjutnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan meminta seluruh ASN di lingkungan Kementerian ESDM untuk ikut membantu masyarakat di berbagai daerah.

Baca juga: PLN NTT tuntaskan sambungan listrik gratis untuk 11.000 rumah tangga

"Jadi kami semua di Kementerian ESDM menyisihkan penghasilan untuk membantu penyambungan listrik warga dan terakhir terkumpul sekitar Rp1,8 miliar," kata dan menambahkan bantuan ini tidak hanya untuk warga Kabupaten Kupang, namun juga daerah-daerah lain di NTT maupun seluruh Tanah Air.

Ia berharap, warga penerima bantuan dapat memanfaatkan listrik tersebut untuk menghidupkan perekonomiannya dengan dukungan listrik yang lebih memadai.

Dalam kunjungannya, Rida Mulyana bersama rombongan juga menyambangi sejumlah rumah warga dan menghidupkan meteran listrik yang sudah terpasang.

Turut hadir Direktur Pembinaan Program Ketenagalistrikan Jisman P. Hutajulu, Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan E Widyo Sunaryo, dan Direktur Pengadaan Strategis 2 PT PLN (Persero) Djoko R Abumanan.

Selain itu, General Manager PLN Wilayah NTT Ignatius Rendroyoko, Kepala Dinas ESDM Provinsi NTT Jusuf Adoe beserta para pejabat unsur forkopimda daerah setempat.

Baca juga: PLN puji Pelni bantu penyambungan listrik gratis di Seraya Manu
Baca juga: 847 rumah tangga di Belu tersambung listrik gratis
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar