847 rumah tangga di Belu tersambung listrik gratis

id PLN

847 rumah tangga di Belu tersambung listrik gratis

General Manger PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur, Ignatius Rendroyoko (kedua kanan) menyerahkan bantuan sosial penyambungan listrik gratis kepada warga di perbatasan Kabupaten Belu, NTT dengan Timor Leste. (ANTARA Foto/Dok. Humas PT PLN Wilayah NTT)

Sebanyak 847 rumah tangga di Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, telah mendapatkan sambungan listrik secara gratis melalui program bantuan sosial dari PT PLN Wilayah NTT.
Kupang (ANTARA) - Sebanyak 847 rumah tangga di Kabupaten Belu, Provinsi Nusa Tenggara Timur, yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste, telah mendapatkan sambungan listrik secara gratis melalui program bantuan sosial dari PT PLN Wilayah NTT.

"Penerima bantuan sosial dari program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) listrik gratis di Belu berjumlah 959 pelanggan, untuk tahap pertama sudah tersambung sebanyak 847 rumah tangga," kata General Manager PT PLN Wilayah NTT, Ignatius Rendroyoko, di Kupang Sabtu (20/4).

Ia mengatakan, bantuan sambungan listrik gratis ini untuk mempercepat peningkatan rasio elektrifikasi listrik di NTT yang saat ini baru mencapai 71 persen dan masih berada pada posisi terendah secara nasional.

Dia mengatakan secara keseluruhan program penyambungan listrik gratis akan diberikan kepada 11.000 rumah tangga yang tersebar di Provinsi NTT.

Rendroyoko menjelaskan, data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2) menyebutkan masih terdapat sebanyak 17.259 rumah tangga miskin di provinsi ini.

Untuk itu, katanya,  pihaknya memprioritaskan melistriki belasan ribu rumah tangga tersebut yang dibagi dalam dua tahap untuk mengejar rasio elektrifikasi yang ditargetkan mencapai 90 persen di tahun 2019.

"Tahap pertama diberikan melalui program CSR PLN dengan target 11.000 rumah, dan tahap selanjutnya sebanyak 6.529 RT melalui bantuan lain seperti sinergi BUMN, dana sosial banda usaha sektor ESDM, dan lainnya," katanya.

Rendroyoko berharap, pasokan listrik yang sudah tersambung gratis seperti di Kabupaten Belu yang merupakan wilayah terdepan NKRI itu dapat dinikmati masyarakat setempat untuk mendukung berbagai aktivitasnya terutama perekonomian.

Baca juga: Sebanyak 9.202 rumah tangga di NTT tersambung listrik gratis
Baca juga: PLN pasok jaringan sepanjang 21 kms ke Mollo Barat
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar