PLN puji Pelni bantu penyambungan listrik gratis di Seraya Manu

id PLN NTT

PLN puji Pelni bantu penyambungan listrik gratis di Seraya Manu

Deputi Energi Logistik Kawasan dan Pariwisata Kementrian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah (kanan) menyalahkan meteran listrik di rumah penduduk dalam acara peresmian PLTS Seraya di Desa Seraya Manu, Pulau Seraya Besar, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Rabu (24/7). (ANTARA FOTO/Dok. Humas PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi NTT)

"Seinergi lintas sektor untuk mendukung percepatan penyambungan listrik seperti ini yang sangat diharapkan sehingga listrik dari pembangkit yang sudah dibangun PLN bisa secepatnya tersambung dan dinikmati masyarakat," kata Ignatius Rendroyoko.
Kupang (ANTARA) - General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur, Ignatius Rendroyoko, mengapresiasi pihak PT Pelni yang bersedia membantu penyambungan listrik gratis untuk 50 rumah penduduk di Desa Seraya Manu, Pulau Seraya Besar, Kabupaten Manggarai Barat.

"Seinergi lintas sektor untuk mendukung percepatan penyambungan listrik seperti ini yang sangat diharapkan sehingga listrik dari pembangkit yang sudah dibangun PLN bisa secepatnya tersambung dan dinikmati masyarakat," katanya di Kupang, Kamis (25/7).

Bantuan penyambungan listrik gratis ini telah disampaikan secara langsung Direktur Utama Pelni Insan Purwarisya saat hadir mendampingi Deputi Energi Logistik Kawasan dan Pariwisata Kementrian BUMN, Edwin Hidayat Abdullah dalam acara peresmian PLTS Seraya berkapasitas 190 kWp di Pulau Seraya Besar pada Rabu (24/7).

Ignatius mengatakan, PLTS Seraya yang 575 unit panel surya 330 Watt peak, serta dilengkapi dengan baterai yang diresmikan tersebut sudah siap menyuplai listrik 24 jam untuk warga setempat.

"Karena itu kami mengapresasi pihak Pelni langsung menanggapi kesulitan warga terkait biaya penyambungan listrik sehingga 50 rumah penduduk ini tentu bisa segera menikmati listrik," katanya.

Baca juga: Jaringan listrik untuk 8 desa di Amfoang siap dioperasikan

Ia mengatakan, PLN terus berjuang menyiapkan material kelistrikan dan melayani dari sisi pembangkit, transmisi, dan distribusi ke masyarakat atau pelanggan.

Namun, kemampuan masyarakat menyiapkan biaya untuk menyambung listrik ke rumah-rumah memerlukan dukungan program dari berbagai stakeholder dari swasta maupun pemerintah daerah.

Untuk itu, lanjutnya, dukungan bantuan penyambungan listrik seperti dari pihak PT Pelni akan meringankan beban warga setempat dalam mendapatkan pasokan listrik untuk menunjang berbagai aktivtiasnya. 

Ignatius mengemukakan contoh lain seperti penyambungan listrik untuk sebanyak 376 rumah warga di Kabupaten Sikka melalui dukungan subsidi dari pemerintah daerah setempat.

"Dukungan seperti ini yang diharapkan juga dari daerah-daerah lainnya di NTT sehingga jaringan yang sudah kami bangun bisa secepatnya tersambung ke rumah-rumah warga," katanya.

Baca juga: PLN NTT tingkatkan penjualan listrik kepada para pelanggan
Baca juga: Bantuan listrik gratis untuk 11.000 rumah tangga berhasil dinyalakan
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar