Haubenkase mulai dikembangkan Pemkab Kupang jadi obyek wisata

id wisata pantai

Haubenkase mulai dikembangkan Pemkab Kupang jadi obyek wisata

Wakil Bupati Kupang, Nusa Tenggara Timur, Jerry Manafe ketika memotong pita pengresmian kawasan wisata pantai Haubenkase di Desa Marbaun, Kecamatan Amarasi Barat, Minggu (1/9/2019). (Antara/HO-Humas Kabupaten Kupang)

Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai melakukan penataan terhadap kawasan wisata pantai Haubenkase di Desa Marbaun, Kecamatan Amarasi Barat sebagai salah satu destinasi wisata baru di daerah itu.
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur mulai melakukan penataan terhadap kawasan wisata pantai Haubenkase di Desa Marbaun, Kecamatan Amarasi Barat sebagai salah satu destinasi wisata baru di daerah itu.

Wakil Bupati Kupang, Jerry Manafe yang dihubungi ANTARA, Senin (2/9), mengatakan Kabupaten Kupang memiliki beragam destinasi wisata yang mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan, namun belum dikelola secara optimal.

"Daerah ini memiliki banyak objek wisata baik wisata alam pantai maupun wisata budaya, namun belum dikelola secara baik. Kami terus mendorong semua pihak untuk bersama-sama pemerintah membangun sektor pariwisata sehingga mampu meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat dan pendapatan daerah ini," kata Jerry Manafe.

Ia mengatakan salah satu potensi wisata yang mulai berkembang adalah lokasi wisata Pantai Haubenkase, sekitar 30 km arah selatan Kota Kupang yang memiliki pesona alam pantai yang indah.

Lokasi wisata pantai Haubenkase di Dusun VII Desa Marbaun, menurut Wakil Bupati Jerry Manafe, dikelola lembaga Gereja GMIT Ebenheser bersama pemerintah desa setempat.

Baca juga: NTT bangun 22 kawasan wisata berbasis masyarakat

Kerja sama lembaga Gereja Ebenheser dan pemerintah Desa Marbaun dalam membangun objek wisata Haubenkase merupakan bentuk kemitraan yang baik dalam mendorong pembangunan sektor pariwisata.

Dikatakannya, pola kerja sama yang dilakukan dalam pengelolaan Haubenkase dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain di kabupaten yang berbatasan dengan Oecusse, Timor Leste dalam pengembangan potensi wisata yang dimiliki desa setempat.

"Pola kerja sama yang dilakukan pemerintah desa dan lembaga keagamaan tidak saja membangun sektor wisata pantai tetapi bisa juga dilakukan dengan membangun potensi agrowisata dimana para konsumen bisa memetik langsung hasil pertanian di lokasi itu secara langsung," kata Jerry Manafe.

Selain itu kata dia, kawasan desa yang memiliki potensi air yang banyak dapat mengembangkan potensi wisata mancing yang belum dimiliki daerah ini.

"Apabila berbagai potensi ini dikembangkan maka pembangunan ekonomi masyarakat di kawasan wisata menjadi lebih berkembang dengan baik," tegas Jerry Manafe.

Ia mengatakan selama lima tahun kepemimpinan Bupati Korinus Masneno dan Jerry Manafe sebagai wakil Bupati Kupang, sektor pariwisata menjadi salah satu sektor unggulan yang dibangun daerah ini dalam meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat Kabupaten Kupang.

Baca juga: Artikel - Labuan Bajo menuju gerbang wisata dunia
Baca juga: Kawasan wisata Mulut Seribu mulai didandani
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar