Cartridge PCR pemeriksaan COVID-19 telah disalurkan ke Flores dan Sumba

id ntt,kupang,Tes pcr di ntt

Cartridge PCR pemeriksaan COVID-19 telah disalurkan ke Flores dan Sumba

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Dominikus Minggu Mere. ANTARA/ Benny Jahang

Pemerintah NTT akan memberikan pendampingan terhadap petugas medis yang bertugas di laboratorium
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) telah menyalurkan cartridge polymerase chain reaction (PCR) yang dialokasi untuk tiga rumah sakit dalam mendukung pemeriksaan sample swab pasien COVID-19.

"Kami telah mendistribusikan cartridge PCR untuk tiga rumah sakit di NTT untuk mempercepat pemeriksaan sample swab bagi pasien COVID-19," kata  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dominikus Minggu Mere ketika dihubungi di Kupang, Senin (15/6).

Menurut dia, tiga rumah sakit yang telah menerima cartridge PCR yaitu dua rumah sakit di Pulau Flores masing-masing Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ende dan RSUD Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores.

Sementara itu satu rumah sakit lainnya yaitu RSUD Umbu Rara Meha di Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba.

Ia mengatakan, pemerintah NTT akan memberikan pendampingan terhadap petugas medis yang bertugas di laboratorium di tiga rumah sakit milik pemerintah daerah itu demi memaksimalkan pemeriksaan sample swab pasien COVID-19 di daerah itu.

"Petugas dari RSUD Prof.Dr.W.Z. Johannes Kupang akan memberikan penguatan terhadap para tenaga medis di laboratorium di tiga rumah sakit yang telah menerima cartridge PCR sehingga proses pemeriksaan sample swab pasien COVID-19 lebih maksimal,"tegasnya.

Menurut dia, memasuki pemberlakuan normal baru di NTT pada 15 Juni 2020, maka kapasitas pelayanan pemeriksaan di berbagai rumah sakit pemerintah perlu dilakukan dengan lebih optimal.

"Kami harapkan dengan adanya PCR di tiga rumah sakit itu maka dapat melokalisir adanya penyebaran virus Corona baru atau COVID-19 di daerah yang telah terpapar kasus COVID-19," kata Dominikus.

Baca juga: Flores dan Sumba segera miliki alat pemeriksaan sampel swab
Baca juga: Legislator: perlu ada laboratorium pemeriksaan swab di Flores dan Sumba
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar