Kabupaten Ende siap gelar tes cepat massal

id ende,covid,ntt

Kabupaten Ende siap gelar tes cepat massal

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ende, Muna Fatma. (ANTARA/HO-Istimewa)

Pelaksanaan tes cepat massal ini untuk memastikan bahwa Kabupaten Ende sudah betul-betul berada pada zona hijau COVID-19
Kupang (ANTARA) - Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) berencana menggelar tes cepat secara massal guna mengatasi pandemi virus corona jenis baru itu di daerah setempat.

"Pelaksanaan tes cepat massal ini untuk memastikan bahwa Kabupaten Ende sudah betul-betul berada pada zona hijau COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Ende Muna Fatma kepada ANTARA di Kupang, Kamis (9/7).

Dia mengemukakan hal itu berkaitan dengan upaya Pemerintah Kabupaten Ende dalam menjaga dan mempertahankan daerah itu agar tetap berada dalam zona hijau COVID-19.

Baca juga: Laka Lena sebut tes cepat COVID-19 masih dibutuhkan

Baca juga: Polda NTT lakukan tes cepat COVID-19 gratis bagi pengendara bermotor


Kabupaten Ende, salah satu di antara 12 kabupaten/kota di Nusa Tenggara Timur yang masuk zona merah COVID-19, dengan angka kasus cukup tinggi, mencapai 12 kasus positif COVID-19.

Namun, atas kerja keras dan kerja sama yang baik antara petugas medis dan para pasien COVID-19, pada akhir Juni 2020, daerah itu berhasil keluar dari zona merah dan kembali ke zona hijau.

"Kami tetap akan terus melakukan sosialisasi-sosialisasi untuk mendorong masyarakat melaksanakan protokol kesehatan, koordinasi lintas sektor termasuk dengan organisasi kemasyarakatan terus ditingkatkan sehingga dukungan terhadap gugus tugas semakin besar," katanya.

Hingga saat ini, pihaknya sedang persiapan melakukan tes cepat secara massal untuk memastikan bahwa Ende betul-betul berada pada zona hijau.

Dia menjelaskan pada tahap awal, tes cepat massal akan dilakukan di beberapa pasar, yaitu Pasar Nangapanda dan tiga pasar di Kota Ende.

"Waktunya kami masih berproses dengan camat dan puskesmas wilayah setempat," katanya.

Tetapi, tes cepat massal itu akan diprioritaskan di kecamatan-kecamatan yang sebelumnya sempat menjadi zona merah, kata Muna Fatma yang juga Kepala Dinas Kesehatan Ende itu.
Pewarta :
Editor: Kornelis Aloysius Ileama Kaha
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar