Rabu, 18 Oktober 2017

Taman Wisata Alam Ruteng Sudah Dilengkapi Penginapan

id Ranamese
Taman Wisata Alam Ruteng Sudah Dilengkapi Penginapan
Pesona alam Danau Rana Mese di Kabupaten Manggarai Timur, Pulau Flores, NTT.
Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Nusa Tenggara Timur telah membangun fasilitas penginapan di Taman Wisata Alam Ruteng sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan.
Kupang (Antara NTT) - Balai Besar Konservasi Sumberdaya Alam Nusa Tenggara Timur telah membangun fasilitas penginapan di Taman Wisata Alam Ruteng sebagai upaya menarik kunjungan wisatawan.

"Sudah ada beberapa fasilitas penginapan untuk wisatawan di lokasi Danau Rana Mese di Kabupaten Manggarai Timur, NTT untuk memudahkan wisatawan berkunjung ke kawasan itu," kata Kepala BKSD Nusa Tenggara Timur Tamen Sitorus ketika ditemui di Kupang, Selasa.

Dalam kawasan wisata alam Ruteng, menurut dia, terdapat penginapan, ruangan aula yang dapat digunakan sebagai pertemuan yang telah dilengkapi fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) yang memadai.

Ia mengatakan, BKSD NTT terus membenahi fasilitas dalam kawasan TWA Ruteng yang diapiti Taman Nasional Kelimutu dan Taman Nasional Komodo, sehingga menarik kunjungan wisatawan.

Kawasan TWA Ruteng, menurut dia, memiliki potensi sebagai destinasi wisata alam yang menarik dikunjungi wisatawan, karena TWA Ruteng memiliki obyek wisata Danau Rana Mese dan air terjun Cunca Rede yang sangat indah.

"Kita harapkan wisatawan yang telah mengunjungi Pulau Komodo dan Kelimutu menginap juga di Danau Rana Mese sebelum melanjutkan perjalanannya ke daerah lain di Flores. Hal itulah yang mendorong BKSDA membangun fasilitas penginapan di TWA Ruteng," kata Sitorus.

Ia menegaskan, pembangunan fasilitas di Rana Mese dilakukan setelah pemerintah pusat menetapkan Pulau Flores sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

Sitorus berharap kawasan wisatawa Ruteng yang memiliki fenomena alam yang sangat berbeda dengan obyek wisata Taman Nasional Kelimutu dan Komodo itu bisa mendapatkan keuntungan dari penetapan kawasan strategis itu.

Lebih lanjut Sitorus mengatakan kawasan wisata alam Ruteng di Danau Rana Mese, Kabupaten Manggarai Timur, sudah dikunjungi peserta tour the Flores 2017 maupun tim jelajah sepeda Flores yang digelar Harian Kompas.

"Para peserta jelajah sepeda Flores yang dilaksanakan Harian Kompas itu juga sempat menyingahi lokasi wisata alam Danau Rana Mese. Kita harapkan melalui dua kegiatan itu membuat kawasan wisata alam Ruteng semakin dikenal untuk dikunjungi wisatawan manca negara," kata Sitorus. 

Editor: Laurensius Molan

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga