Lokalisir Penderita Gizi Buruk

id gizi buruk

Lokalisir Penderita Gizi Buruk

Bupati Kupang Ayub Titu Eki

"Penderita gizi buruk perlu mendapat penanganan serius, sehingga saya perintahkan agar mereka dilokalisir untuk memudahkan penanganan," kata Bupati Titu Eki.
Kupang (Antara NTT) - Bupati Kupang Ayub Titu Eki memerintahkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang untuk segera melokalisir 98 anak penderita gizi buruk agar mendapat penanganan secepatnya dengan pemberian makanan bergizi.

"Penderita gizi buruk perlu mendapat penanganan serius, sehingga saya perintahkan agar mereka dilokalisir untuk memudahkan penanganan," katanya kepada wartawan di Oelamasi, pusat Pemerintahan Kabupaten Kupang, sekitar 38 km timur Kota Kupang, Jumat.

Ia mengatakan kasus gizi buruk yang menimpa 98 anak itu, akibat cakupan gizi yang kurang maksimal dalam keluarga. "Saya berharap para orangtua lebih serius dalam memperhatikan kebutuhan gizi anak agar tidak terjadi lagi kasus gizi buruk tersebut," ujarnya. 

Bupati Kupang dua priode ini menyatakan optimistis bahwa kasus gizi buruk itu dapat diatasi apabila ketersediaan pangan dalam keluarga memadai. "Ini kata kuncinya," katanya menambahkan.

Upaya yang dilakukan pemerintahannya adalah mendorong semua desa di wilayah Kabupaten Kupang untuk memiliki Taman Eden agar bisa dimanfaatkan untuk menanam beraneka buah-buahan, umbi-umbian, pisang serta usaha peternakan guna memperkuat ketahanan ekonomi keluarga.

Selain itu, perlu juga melakukan pemeriksaan kesehatan anak balita secara rutin di Posyandu untuk memudahkan pendeteksian secara dini terhadap penderita gizi buruk, agar memudahkan dalam penanganannya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang Robert J Amaheka mengatakan akan segera mungkin melokasir anak-anak penderita gizi buruk agar memudahkan tim dalam melakukan penanganan.