Kendaraan PCR bantuan kemenkes tiba di Kupang

id PCR, NTT, Kota Kupanf,vaksin covid,vaksin corona,vaksin covid-19,vaksinasi

Kendaraan PCR bantuan kemenkes tiba di Kupang

Kendaraan PCR bantuan dari Kemenkes untuk NTT yang tiba di Kupang, Selasa (16/2). Antara/HO

Ada tiga unit kendaraan yang diminta oleh Pak Wagub kepada pemerintah pusat, tetapi yang diberikan baru satu unit saja, sementara dua unit lagi masih dalam proses pengadaan
Kupang (ANTARA) - Satu unit mobil laboratorium Polymerase Chain Reaction (PCR) bantuan dari Kementerian Kesehatan melalui Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Surabaya, Jawa Timur bagi Nusa Tenggara Timur tiba di Dermaga Tenau, Kupang, Selasa.

"Kendaraannya sudah tiba tadi dan sudah diturunkan dan dibawa untuk disimpan sementara di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Naimata," kata Kepala Dinas Perhubungan Nusa Tenggara Timur Ishak Nuka  di Kupang, Selasa, (16/2).

Ishak mengatakan bahwa sebenarnya kendaraan tersebut dijadwalkan akan tiba pada hari Senin (15/2) kemarin, namun karena cuaca buruk sehingga terlambat satu hari dan baru tiba pada Selasa (16/2).

Ishak menjelaskan bahwa kendaraan bantuan tersebut nantinya akan digunakan untuk membantu mempercepat pengambilan dan pemeriksaan sampel swab di Kota Kupang dimana jumlah kasus COVID-19 makin meningkat.

Baca juga: Pelaksanaan uji usap COVID-19 untuk Pulau Sumba masih menunggu alat PCR

"Sebenarnya ada tiga unit kendaraan yang diminta oleh Pak Wagub kepada pemerintah pusat, tetapi yang diberikan baru satu unit saja, sementara dua unit lagi masih dalam proses pengadaan," tambah dia.

Tiga unit kendaraan PCR itu kata dia satu unit ditempatkan di Kupang, satu unit di Flores dan satu unit lagi direncanakan di Pulau Sumba. Sementara yang baru tiba ini akan ditempatkan di Kota Kupang.

Ia menambahkan untuk sementara kendaraan tersebut masih disimpan di RS Jiwa Naimata, namun pemerintah tengah mempersiapkan agar pengoperasian kendaraan tersebut segera berjalan dalam waktu dekat.

Baca juga: Kota Kupang pengadaan alat tes PCR COVID-19

Lebih lanjut Ishak menambahkan bahwa mobil PCR tersebut mampu melakukan pemeriksaan sampai 200 sampel swab per hari sehingga mempercepat pemerintah mengendalikan penularan COVID-19.

Dengan bantuan mobil PCR tersebut, Kota Kupang memiliki tiga laboratorium PCR, dua laboratorium PCR sebelumnya masing-masing di Rumah Sakit WZ Johannes dan Klinik Pratama Universitas Nusa Cendana.
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar