KMP Jatra I layani tiga rute penyeberangan di NTT

id ASDP, NTT, Kota Kupang

KMP Jatra I layani tiga rute penyeberangan di NTT

Sejumlah petugas kapal sedang membersihkan kapal penyeberangan KMP Jatra I yang sedang berlabuh di dermaga penyeberangan Bolok Kupang, NTT,.ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Jadi kapal ini akan melayani tiga rute penyeberangan yakni Kupang-Kalabahi (Alor), Kupang-Rote dan Kupang-Larantuka (Flores Timur)
Kupang (ANTARA) - Direktur Utama PT. Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Ira Puspadewi mengatakan kapal penyeberangan KMP Jatra I yang resmi beroperasi di NTT pada Rabu (10/3) hari ini akan melayani tiga rute di wilayah provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Jadi kapal ini akan melayani tiga rute penyeberangan yakni Kupang-Kalabahi (Alor), Kupang-Rote dan Kupang-Larantuka (Flores Timur)," katanya di Kupang, Rabu (10/3).

Ira mengatakan KMP Jatra I yang sudah diresmikan dan sudah mulai melakukan pelayaran perdananya ke Rote itu, merupakan kapal yang direlokasi dari lintas Merak-Bakauheni.

Menurut dia dengan ukuran yang sangat besar yakni memiliki bobot 3.871 gross tonnage, tentu saja kapal itu sangat besar dibandingkan kapal lainnya.

"Selain dapat menyediakan kapasitas tampung lebih tinggi, juga diharapkan dapat lebih memastikan keberlanjutan pelayanan dan mampu mengatasi keadaan saat cuaca ekstrem, karena spesifikasi kapal ini mampu menghadapi gelombang tinggi yang kerap terjadi di perairan NTT," tutur Ira.

Baca juga: ASDP tambah layanan penyeberangan dukung pariwisata NTT
Baca juga: Gubernur resmikan pelayaran perdana kapal ASDP KMP Jatra 1



Ia juga menambahkan bahwa dengan ukuran yang besar, KMP Jatra I ini akan melayani rute reguler Kupang-Rote setiap hari 1 trip pulang pergi (PP) dan juga ke Larantuka (Flores Timur) dan Kalabahi (Alor).

Terkait spesifikasi Ira mengatakan KMP Jatra 1 memiliki bobot 3.871 Gross Tonnage, dengan panjang 88.7 meter, lebar 15,6 meter dengan tinggi cardeck 4 meter.

Kapal ini mampu mengangkut 770 orang penumpang, 100 unit sepeda motor, dan 84 unit roda empat. Selain KMP Jatra 1 PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kupang juga mendapat tambahan KMP Namparnos yang akan melayani lintasan Kupang-Semau.

" Dari sebelumnya beroperasi 3 kali seminggu, kini melayani Kupang-Semau tiap hari," tambah dia.

Dengan adanya tambahan KMP Jatra dan KMP Namparnos maka dipastikan saat ini ASDP Cabang Kupang sudah memiliki 10 kapal penyeberangan yang melayani seluruh wilayah kepulauan di NTT. Saat ini ASDP Cabang Kupang melayani 24 lintasan komersial dan 16 lintasan perintis.***1***
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar