Liga Belanda - Tiga gol bunuh diri warnai kemenangan AZ atas Twente

id liga belanda,az alkmaar,twente,teun koopmeiners,myron boadu

Liga Belanda - Tiga gol bunuh diri warnai kemenangan AZ atas Twente

Ilustrasi pertandingan pekan ke-26 Liga Belanda antara AZ Alkmaar melawan FC Twente yang berlangsung Minggu (14/3/2021) dini hari WIB. (ANTARA/Gilang Galiartha)

Kemenangan ini memantapkan posisi mereka di urutan ketiga klasemen sementara dengan koleksi 52 poin
Jakarta (ANTARA) - Tiga gol bunuh diri mewarnai kemenangan AZ Alkmaar atas FC Twente dalam laga pekan ke-26 Liga Belanda di Stadion AFAS, Alkmaar, Belanda, yang berakhir dengan skor 4-1, Sabtu waktu setempat (Minggu WIB).

Hasil kali ini membawa AZ kembali ke jalur kemenangan sembari memantapkan posisi mereka di urutan ketiga klasemen sementara dengan koleksi 52 poin.

Sedangkan Twente, yang sudah empat pertandingan terakhir tak merasakan kemenangan, tertahan di urutan kedelapan dengan 36 poin, demikian catatan laman resmi Liga Belanda.

Setelah menelan kekalahan di pertandingan sebelumnya, AZ berusaha menggebrak sejak awal laga dan empat menit selepas sepak mula Myron Boadu mampu menyelesaikan umpan Calvin Stengs demi membuka keunggulan atas tim tamu.

Keunggulan itu berganda pada menit ke-22 melalui sontekan Boadu yang menyelesaikan umpan matang dari Teun Koopmeiners. Gol itu belakangan dihitung sebagai gol bunuh diri Dario Dumic yang dinilai menyentuh terakhir bola sebelum bersarang ke gawang.

AZ terus tak memberi kesempatan lawannya bernafas dan pada menit ke-34 mereka mampu memperlebar jarak keunggulan jadi 3-0 ketika kiper Twente Joel Drommel melakukan kesalahan antisipasi atas bola eksekusi tendangan bebas dan mencetak gol bunuh diri.

Twente sempat membalas pada menit ke-40, ketika giliran gelandang AZ Albert Gudmundsson yang mencetak gol bunuh diri membuat kedudukan jadi 1-3.

Keunggulan 3-1 bertahan hingga turun minum dan AZ baru mampu menambahnya lagi pada menit ke-78 saat Koopmeiners meneruskan umpan kiriman Jesper Karlsson jadi gol keempat tuan rumah.

Baca juga: Vitesse gagal kudeta posisi usai menyerah dari VVV Venlo

Baca juga: Feyenoord dibuat tidak berdaya di markas Heerenveen


Tepat di pengujung waktu normal, Stengs ikut menjebol gawang Twente, tetapi gol itu dianulir karena offside, dan skor 4-1 bagi AZ bertahan hingga bubaran.

AZ selanjutnya akan menjamu PSV Eindhoven pada Minggu (21/3) pekan depan, dua hari setelah Twente bertandang ke markas SC Heerenveen.