PLN NTT pulihkan 1.115 unit gardu rusak akibat badai Seroja

id NTT,PLN NTT,pemulihan listrik,gardu rusak,badai siklon tropis seroja,badai seroja di NTTn

PLN NTT pulihkan 1.115 unit gardu rusak akibat badai Seroja

General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Agustinus Jatmiko (kedua kanan) saat memantau kerusakan infrastruktur kelistrikan akibat pohon tumbang di Kota Kupang, Kamis (8/4/2021). (ANTARA/HO-Humas PLN UIW NTT)

Pada titik wilayah yang masih terdapat genangan air atau banjir maka listrik belum bisa kita nyalakan demi keselamatan warga
Kupang (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Nusa Tenggara Timur mencatat sebanyak 1.115 unit gardu dari 2.000-an unit yang rusak akibat badai tropis Seroja telah dipulihkan hingga Kamis (8/4).

"Hingga saat ini sudah 1.115 unit gardu berhasil dioperasikan kembali dan sebanyak 168.082 pelanggan telah menikmati listrik kembali," kata General Manager PT PLN (Persero) UIW NTT Agustinus Jatmiko di Kupang, Kamis, (8/4).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan perkembangan pemulihan infrastruktur kelistrikan yang rusak akibat badai siklon tropis Seroja yang menerjang wilayah NTT pada 3-4 April 2021.

Agustinus mengatakan telah mengerahkan sebanyak 442 personel PLN yang terus sigap memulihkan gangguan kelistrikan yang tersebar di provinsi berbasis kepulauan itu.

Ia mengatakan proses pemulihan dan pengoperasian kembali ribuan unit gardu listrik ini dilakukan setelah dipastikan aman dan tidak berpotensi mengancam keselamatan warga.

"Pada titik wilayah yang masih terdapat genangan air atau banjir maka listrik belum bisa kita nyalakan demi keselamatan warga," katanya.

Agustinus mengatakan pihaknya juga terus berkoordinasi dengan berbagai stakeholder seperti TNI-Polri, DPRD, dan kepala daerah terkait perkembangan pemulihan kelistrikan.

Ia juga mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap bahaya kelistrikan dan bersabar menunggu proses penormalan kelistrikan yang sedang ditangani PLN.

"Kami mohon dukungan dan doa untuk proses penormalan ini karena memang kerusakan cukup parah. Kami upayakan bisa berjalan lebih cepat sehingga masyarakat bisa menikmati listrik kembali," katanya.


Baca juga: TNI-Polri bantu PLN NTT pulihkan kelistrikan
Baca juga: PLN kerahkan personel dari tiga provinsi bantu pemulihan listrik NTT