Novanto Panen Raya Padi di Noelbaki

Pewarta : id novanto

Ketua DPR RI Setya Novanto (tengah) saat melakukan panen raya padi di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, NTT. (Foto ANTARA/Benny Jahang)

Kupang (Antara NTT) - Ketua DPR RI Setya Novanto melakukan panen raya padi seluas 120 hektare milik kelompok tani usaha bersama Air Sagu di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin.

Novano dalam kesempatan itu mengatakan sektor pertanian telah menjadi tulang pungung perekonomian Indonesia sehingga DPR-RI selalu mendorong pemerintah melakukan berbagai upaya untuk memajukan sektor pertanian guna meningkatkan taraf hidup para petani di Tanah Air.

"Sebagai negara agraris tentu sektor pertanian menjadi andalan utama dalam meningkatkan pendapatan ekonomi petani termasuk di NTT. Untuk NTT sekitar 60 persen penduduknya bekerja pada sektor pertanian sehingga sektor ini harus menjadi perhatian pemerintah daerah ini," katanya.

Ia menambahkan, sektor pertanian merupakan ujung tombak perekonomian Indonesia sehingga pemerintah melakukan berbagai upaya dengan mengelar berbagai program strategis sektor pertanian demi meningkatkan taraf hidup petani.

Novanto yang merupakan anggota DPR-RI asal daerah pemilihan NTT memanfaatkan masa reses tahun 2017 dengan melakukan kunjungan kerja ke Panti Asuhan Sonaf Manekat, Lasiana, Kota Kupang serta melakukan panen perdana padi milik petani di Desa Noelbaki dan menyambangi warga pemulung di Kota Kupang.

Novanto dihadapan ratusan petani, mengatakan lahan persawahan di Desa Noelbaki merupakan kawasan persawahan yang sangat potensial dengan hasil panen yang sangat melimpah sehingga perlu diperthankan sebagai lumbung beras di daerah ini.

Dalam kegiatan yang dihadiri Wakil Bupati Kupang, Korinus Masneno, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kupang, Jery Manafe, Novanto mengaku gembira ketika melihat petani Noelbaki selalu tersenyum karena hasil panen yang terus meningkat setiap tahun.

Ia mengatakan, melimpahnya hasil panen padi milik petani di Indonesia membuktikan bahwa sektor pertanian sudah semakin berkembang.

Produksi pertanian tahun 2016 kata dia, mencapai 79,141 juta ton gabah kering merupakan hasil yang sangat sepektakuluer yang diraih Indonesia selama ini.

Pemerintah dibawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo-Jusuf Kalla terus mengenjot pembangunan sektor pertanian dengan mengalokasikan anggaran tahun 2018 mencapai Rp22,65 triliun untuk pembangunan sektor pertanian.

"Sektor pertanian akan menjadi prioritas dalam pembangunan nasional tahun anggaran 2018. Dari anggaran Rp22,65 triliun itu sekitar Rp19,3 triliun akan digunakan untuk pembangunan irigasi, pengadaan bibit, asuransi dan pengadaan sarana pertanian bagi petani di seluruh Indonesia," tegas Novanto. 

Beasiswa pemulung
Novanto juga berjanji menyiapkan beasiswa bagi anak-anak pemulung di Kota Kupang agar mereka menikmati dunia pendidikan secara memadai di masa mendatang.

"Akan kami siapkan beasiswa-beasiswa bagi anak-anak pemulung. Saya sebagai ketua DPR tentu akan menyiapkan beasiswa untuk anak-anak pemulung itu," katanya saat bertemu para pemulung se-Kota Kupang di Sekolah PAUD, Kelurahan Oesapa Barat, Senin.

Dalam kunjungan kerjanya tersebut, Setya Novanto juga membagi-bagikan sembako untuk puluhan warga pemulung di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur itu.

Ia mengakui, pemulung memiliki kontribusi kerja nyata untuk kepentingan rakyat terutama bagi kebersihan Kota Kupang yang menurutnya semakin hari semakin bersih. "Tanpa pemulung Kota Kupang tidak bisa bersih," katanya.

Menurut dia, kehidupan pemulung di daerah itu juga semakin diberdayakan melalui sekolah yang didirikan seorang warga pemulung Yoseph Blikololong untuk menampung anak-anak keluarga pemulung.

"Pembinaan yang dilakukan Pak Yoseph Blikololong ini luar biasa apalagi sudah mendapat penghargaan sehingga ke depannya para pemulung diharapkan menjadi kekuatan rakyat," katanya. 

Novanto berpesan agar para pemulung terus bekerja keras secara baik untuk menghidupi keluarga dan meyekolahkan anak-anak mereka ke berbagai jenjang pendidikan. "Anak-anak pemulung sekarang banyak menjadi sarjana dan menempati departemen-departemen," katanya.

Ia menegaskan sebagai ketua DPR RI akan memfasiltasi anak-anak keluarga para pemulung untuk mendapatkan beasiswa agar bisa mengkases pendidikannya secara memadai.

"Mudah-mudahan anak-anak pemulung ini ke depan akan sukses dan kami siap fasilitasi untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa bagi yang terbaik," katanya.

Novanto menambahkan kunjungan kerjanya ke daerah setempat sangat singkat untuk bertemu para pemulung karena ia harus kembali ke Jakarta untuk menjalankan tugas kenegaraan.

Selain bertemu para pemulung, dia juga melakukan panen raya bersama para petani di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah Kabupaten Kupang dan mengunjungi Panti Asuhan Yayasan Katolik Maneka di Kelurahan Lasiana Kota Kupang.
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar