Air Timor Layani Penerbangan Dili-Kupang

id Air Timor

Air Timor Layani Penerbangan Dili-Kupang

Air Timor, maskapai penerbangan dari Timor Leste akan melayani rute penerbangan internasional Dili-Kupang tiga kali dalam sepekan mulai 15 Desember 2017.

Perusahaan penerbangan charteran dari negara Timor Leste, Air Timor, segera melayani rute penerbangan langsung internasional Dili-Kupang, pulang pergi mulai 15 Desember 2017.
Kupang (Antara NTT) - Perusahaan penerbangan charteran dari negara Timor Leste, Air Timor, segera melayani rute penerbangan langsung internasional Dili-Kupang, pulang pergi mulai 15 Desember 2017.

"Hari ini kami mengumumkan akan mengoperasikan penerbangan langsung internasional dari Dili, ibu kota negara Timor Leste menuju Kupang, ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur, pp tiga kali dalam sepekan, yakni Senin, Rabu, dan Jumat, mulai 15 Desember 2017," kata General Manager Air Timor Andisuari Dewi kepada wartawan di Kupang, Rabu (29/11) sore.

Ia mengatakan, penerbangan yang dilakukan dengan pola sewa (charter flight) menggunakan jenis pesawat ATR72-600, kapasitas 70 kursi dari maskapai penerbangan Indonesia yaitu TransNusa Aviation Mandiri.

Air Timor, katanya, telah melakukan negosiasi dengan pihak TransNusa mulai bulan Mei 2017 dan akhirnya menandatangani ikatan kerja sama pada bulan Juni 2017 dalam bentuk charter terhadap pesawat jenis ATR72.

"Kontrak kerja sama kami untuk melayani rute ini akan berlangsung selama satu tahun terhitung sejak rute mulai dibuka pada 15 Desember mendatang," katanya.

Menurut Andisuari, penerbangan langsung Dili-Kupang ini telah ditunggu sejak lama oleh masyarakat Timor Leste dan telah mendapatkan dukungan yang sangat baik dari pemerintah di negara yang berbatasan langsung dengan Indonesia di Pulau Timor itu.

"Saya sangat bergembira, karena izin prinsip dari Kementerian Perhubungan Indonesia serta izin terbang dari pihak Timor Leste diperoleh pada tanggal 23 November 2017 lalu, sehingga sekarang Air Timor secara resmi dapat memulai penjualan tiket untuk rute penerbangan tersebut.

"Sementara harga jual tiket Kupang-Dili dipatok 62 dolar AS per sektor plus pajak dan sebaliknya dari Dili-Kupang seharga 60 dolar AS," katanya.

Andisuari berharap, hadirnya rute penerbangan itu dapat mendukung konektivitas antarwilayah secara cepat dengan waktu penerbangan sekitar satu jam.

"Karena dibandingkan melalui jalan darat yang membutuhkan waktu lebih dari 10 jam dari Kupang-Dili. Kami juga fasilitas harga dalam penerbangan ini," katanya.