Telkomsel beri pelatihan digital bagi 40 UMKM NTT dukung Gernas BBI

id Telkomsel,UMKM NTT,Gernas BBI,pelatihan UMKM,NTT,Labuan Bajo

Telkomsel beri pelatihan digital bagi 40 UMKM NTT dukung Gernas BBI

General Manager Network Operation and Quality Management Telkomsel Bali Nusa Tenggara Didi Djumardi (kiri) saat sedang berbincang-bincang dengan ANTARA di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Bara, NTT, Kamis (17/6/2021). (ANTARA/Bernadus Tokan)

...Upaya ini tentu mendorong kita untuk bertransformasi ke arah digital termasuk sektor UMKM
Labuan Bajo (ANTARA) - PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) memberikan pelatihan digital bagi 40 unit Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Timur guna mendukung kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) di provinsi setempat.

"Pelatihan ini untuk memperkuat implementasi teknologi digital dalam meningkatkan daya jual sektor UMKM agar bisa bersaing sejajar dengan ragam produk yang ada," kata General Manager Network Operation and Quality Management Telkomsel Bali Nusa Tenggara Didi Djumardi dalam perbincangan dengan ANTARA di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Kamis, (17/6).

Ia mengemukakan hal itu berkaitan dengan dukungan Telkomsel terhadap pelaksanaan kampanye Gernas BBI di NTT yang dikemas dalam kegiatan Road To Kilau Digital Permata Flobamora-sebutan untuk gugusan sejumlah pulau di NTT yakni Flores, Sumba, Timor Alor.

Didi mengatakan untuk menggelar pelatihan bagi 40 UMKM ini pihaknya juga berkolaborasi dengan Telkom dan pemerintah daerah setempat.

Selain pelatihan, kata dia Telkomsel juga membangun platform digital yaitu 99 Persen Usahaku sebagai satu-satunya platform digital yang menghadirkan beragam materi mulai dari pembelajaran digital, artikel informasi bisnis, hingga cerita sukses pelaku UMKM.

Di sisi lain, kata dia untuk mendukung Gernas BBI ini Telkomsel juga berkomitmen membangun infrastruktur jaringan terlebih di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

"Upaya ini tentu mendorong kita untuk bertransformasi ke arah digital termasuk sektor UMKM," katanya.

Sementara itu khusus pada pelaksanaan puncak acara Gernas BBI di Labuan Bajo pada 18 Juni 2021, pihaknya melakukan penguatan jaringan dan penambahan perangkat 4G yang mengcover lima lokasi di antaranya Bandara Komodo, Pelabuhan Waekelambu tempat kuliner Kampung Ujung area hotel dan inner Labuan Bajo serta Puncak Waringin.

Bahkan untuk puncak kegiatan ini Telkomsel menambah kapasitas dengan base transceiver station (BTS) mobile yang telah mendukung teknologi 5G sebagai percobaan agar pengunjung acara bisa menikmati pengalaman menggunakan teknologi 5G.

Baca juga: Telkomsel buka beasiswa bagi lulusan SMA

Didi Djumardi menambahkan di sisi lain dukungan juga dilakukan kampanye melalui media sosial, SMS broadcast dan juga LBA (Location Based Advertising) dan menayangkan puncak acara secara streaming melalui aplikasi maxstream.

Baca juga: Jaringan 4G Telkomsel dukung Gernas BBI di Sikka NTT