TNI Angkatan Laut gelar vaksinasi bagi warga di Labuan Bajo

id vaksinasi manggarai barat,pelayanan vaksinasi TNI,Lanal Labuan Bajo

TNI Angkatan Laut gelar vaksinasi bagi warga di Labuan Bajo

Petugas menyuntikkan vaksin COVID-19 kepada warga dalam pelayanan vaksinasi di Markas Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (3/8/2021) (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Saat ini kami prioritaskan masyarakat maritim, ada karyawan yang bekerja di bidang pariwisata seperti perhotelan, nelayan, yang berkaitan dengan kemaritiman
Labuan Bajo (ANTARA) -
Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo menggelar pelayanan vaksinasi bagi warga di Lapangan Apel Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Saat ini kami prioritaskan masyarakat maritim, ada karyawan yang bekerja di bidang pariwisata seperti perhotelan, nelayan, yang berkaitan dengan kemaritiman," kata Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo Mayor Laut (KH) Budi Purwoto di Labuan Bajo, Selasa, (3/8).

Pelayanan vaksinasi di Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo digelar sehari mulai dari pukul 08.30. Pelayanan vaksinasi itu diselenggarakan oleh Pangkalan TNI Angkatan Laut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Manggarai Barat.

Budi Purwoto menjelaskan, sebanyak 1.000 dosis vaksin COVID-19 buatan Sinovac disiapkan untuk pelayanan vaksinasi tersebut. 

"Serbuan vaksin ini untuk menekan angka COVID-19 di Manggarai Barat, karena kabupaten ini memiliki obyek wisata premium tingkat nasional yang ke depannya akan menjadi tingkat internasional," katanya.

Ia mengemukakan, setelah anggota masyarakat maritim yang menjadi sasaran pelayanan seluruhnya sudah mendapat suntikan vaksin, TNI Angkatan Laut akan memperluas cakupan pelayanan vaksinasi ke masyarakat umum di Manggarai Barat.

Baca juga: BTN Komodo dalami laporan pencurian terumbu karang di kawasan TN Komodo


Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Manggarai Barat Paskalina Kusumawati menjelaskan, peserta pelayanan vaksinasi di Markas Komando Pangkalan TNI Angkatan Laut Labuan Bajo adalah mereka yang sudah mendapat undangan dari penyelenggara kegiatan.

Baca juga: Mengenal lebih dekat Desa Wisata Goa Rangko di Mabar

Di tempat pelayanan vaksinasi, petugas akan memverifikasi data peserta dan melakukan pemeriksaan penapisan. Suntikan vaksin COVID-19 akan diberikan kepada peserta yang memenuhi syarat untuk menjalani vaksinasi.

"Setelah menerima vaksin, mereka akan diobservasi sebelum pulang. Pada intinya yang menerima vaksin itu mereka yang telah lolos penyaringan," kata Paskalina.