Kasal: Patroli pengamanan di perairan NTT terus ditingkatkan

id TNI., AL< pengamanan laut,NTT

Kasal: Patroli pengamanan di perairan NTT terus ditingkatkan

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono (kanan) menyapa seorang pelajar sekolah kejuruan di sela-sela pelaksanaan vaksinasi masyarakat Maritim di Kota Kupang, NTT, Senin (13/9/2021). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

...Sepanjang tahun operasi-operasi atau patroli di wilayah laut di NTT ini terus dilakukan untuk mencegah berbagai aksi pelanggaran hukum di wilayah Indonesia, khususnya NTT
Kupang (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan patroli pengamanan perairan di wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) yang berbatasan dengan Timor Leste dan Australia terus ditingkatkan.

"Karena memang daerah perbatasan ini tingkat kerawanannya sangat tinggi," katanya kepada wartawan di Kupang, Senin, (13/9).

Hal ini disampaikannya saat melakukan kunjungan kerja ke Kota Kupang, NTT, dalam rangka meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 masyarakat maritim di ibu kota provinsi NTT itu.

Ia mengatakan untuk mengamankan wilayah perbatasan laut di NTT itu, TNI AL terus menerus melakukan patroli yang operasinya diawasi langsung oleh Mabes TNI.

"Sepanjang tahun operasi-operasi atau patroli di wilayah laut di NTT ini terus dilakukan mencegah berbagai aksi pelanggaran hukum di wilayah Indonesia, khususnya NTT," ujar dia.

Sementara itu Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif beberapa waktu sebelumnya mengatakan dibutuhkan sinergi antara kepolisian dan TNI dalam pengamanan perairan NTT karena sangat luas.

"Dengan kondisi geografis perairan NTT yang sangat luas ini, fasilitas yang kami (Polda NTT) miliki sangat tidak mencukupi," kata Irjen Lotharia Latif,

Baca juga: Kasal bilang TNI AL sudah vaksin 1 juta orang di Indonesia

Kapolda NTT itu mengatakan bahwa saat ini pihaknya fokus untuk wilayah kerja Kupang dan Labuan Bajo yang masuk sebagai lokasi wisata super premium.

Baca juga: TNI AL upayakan kapal RS untuk vaksinasi warga di pulau-pulau

"Tetapi kami juga sudah mengajukan agar bisa ditambah lagi fasilitas kapal patrolinya, serta fasilitas yang dapat membantu masyarakat di wilayah kepulauan," ujar dia.

Selama ini, pelaksanaan patroli laut tidak hanya anggota Polri, tetapi juga melibatkan TNI AL yang juga punya kewenangan menjaga perairan laut di wilayah NTT tersebut, katanya.