TNI AL bantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Malaka

id NTT,TNI AL ,vaksinasi covid -19

TNI AL bantu percepatan vaksinasi COVID-19 di Malaka

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat. (ANTARA/Benny Jahang)

Perlu ada kerja kolaboratif dari berbagai pihak di Kabupaten TTS untuk mempercepat capaian vaksinasinya, sehingga penyebaran kasus COVID-19 di daerah itu dapat dikendalikan,
Kupang (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) AL diminta melakukan kegiatan vaksinasi massal COVID-19 guna membantu percepatan capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Malaka, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Pemerintah NTT telah meminta bantuan TNI AL untuk membantu Pemerintah Kabupaten Malaka guna menggelar vaksinasi COVID-19 secara massal di daerah itu," kata Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat di Kupang, Selasa (4/10).

Kabupaten Malaka yang merupakan daerah yang berbatasan dengan wilayah negara Timor Leste merupakan daerah yang capaian vaksinasi terendah di Provinsi NTT.

Baca juga: Gubernur NTT dorong warga melakukan vaksinasi COVID-19
Baca juga: Gubernur Laiskodat minta peneliti IPB bantu tangani kekerdilan


Ia mengatakan capaian vaksinasi dosis pertama di Kabupaten Malaka baru 15 persen sehingga harus didorong dengan melakukan vaksinasi massal bagi warga daerah itu sehingga capaian vaksinasi terus meningkat.

"Kabupaten Malaka sangat rendah capaian vaksinasinya, sehingga pemerintah NTT menggandeng TNI AL untuk membantu Pemerintah Kabupaten Malaka untuk melakukan vaksinasi massal di daerah itu sehingga capaian vaksinasinya semakin meningkat," kata Gubernur Viktor.

Selain Kabupaten Malaka, kata dia, kabupaten yang capaian vaksinasinya masih rendah yaitu Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) yang saat ini sekitar 20 persen dari total sasaran.

"Perlu ada kerja kolaboratif dari berbagai pihak di Kabupaten TTS untuk mempercepat capaian vaksinasinya, sehingga penyebaran kasus COVID-19 di daerah itu dapat dikendalikan," kata dia.

Gubernur Viktor juga menyebutkan kegiatan vaksinasi dilakukan TNI AL juga menyasar masyarakat di kawasan pesisir pantai di daerah yang berbatasan dengan wilayah Timor Leste.