Gubernur NTT dorong warga melakukan vaksinasi COVID-19

id NTT,COVID-19,vaksinasi COVID-19,gubernur ntt

Gubernur NTT dorong warga  melakukan vaksinasi COVID-19

Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat melakukan vaksinasi untuk dosis kedua yang berlangsung di Kantor Gubernur NTT, Selasa (5/10/2021). (ANTARA/Benny Jahang)

Kami berharap partai politik di kabupaten/kota untuk ikut membantu menggelar kegiatan vaksinasi COVID-19 sehingga semakin banyak warga NTT yang mendapat vaksinasi,
Kupang (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat menorong warga setempat yang belum divaksin untuk segera melakukan vaksinasi COVID-19 guna mencegah paparan virus corona baru.

"Kami berharap warga NTT yang belum vaksinasi untuk segera melakukan vaksinasi karena dengan vaksinasi COVID-19 akan mencegah terjadinya penularan COVID-19," kata dia di Kupang, Selasa (5/10).

Ia mengatakan hal itu usai melakukan vaksinasi COVID-19 untuk dosis kedua yang berlangsung di Kantor Gubernur NTT di Kota Kupang.

Ia mengatakan vaksinasi dibutuhkan dalam situasi pandemi COVID-19 sehingga warga NTT tidak mudah terpapar virus corona itu.

Menurut dia, masih terdapat beberapa daerah di NTT yang capaian vaksinasinya rendah sehingga perlu dilakukan percepatan melalui vaksinasi massal sehingga pada Desember 2021 capaian vaksinasi di NTT sudah menembus 80 persen dari total target.

Baca juga: Gubernur Laiskodat minta peneliti IPB bantu tangani kekerdilan
Baca juga: Gubernur Laiskodat dorong TNI bangun ekonomi di kawasan perbatasan



Ia berharap, partai politik dan organisasi profesi di provinsi berbasis kepulauan ini, seperti Kadin, HIPSI, REI untuk bergandengan tangan dengan pemerintah mengelar vaksinasi massal bagi warga NTT guna mempercepat capaian vaksinasi.

"Kami berharap partai politik di kabupaten/kota untuk ikut membantu menggelar kegiatan vaksinasi COVID-19 sehingga semakin banyak warga NTT yang mendapat vaksinasi," katanya.

Menurut dia, capaian vaksinasi untuk dosis kedua di NTT masih 15 persen, sehingga percepatan vaksinasi dosis kedua terus dilakukan di daerah ini untuk mengejar terwujudnya kekebalan komunal di daerah itu.

Menurut dia, apabila semakin banyak warga NTT yang mendapat vaksinasi maka tidak perlu lagi ada aturan wajib PCR, tes usap dan tes cepat antigen bagi warga NTT yang hendak berpergian ke luar daerah, baik dalam Provinsi NTT maupun keluar daerah NTT karena telah memiliki kekebalan tubuh yang memadai.

Viktor berharap, masyarakat NTT tetap menaati protokol kesehatan pencegahan COVID-19 dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas sehingga tidak mudah terpapar COVID-19.