Asita optimistis penerbangan Kupang-Lombok tingkatkan arus wisatawan

id ASITA

Asita optimistis penerbangan Kupang-Lombok tingkatkan arus wisatawan

Ketua ASITA Nusa Tenggara Timur Abed Frans

Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur optimistis layanan penerbangan Kupang-Lombok akan meningkatkan arus wisatawan ke NTT yang masuk melalui pintu Nusa Tenggara Barat.
Kupang (AntaraNews NTT)  - Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur optimistis layanan penerbangan Kupang-Lombok akan meningkatkan arus wisatawan ke NTT yang masuk melalui pintu Nusa Tenggara Barat.

"Kami yakin market wisatawan ke NTT akan meningkat dan semakin terbuka seiring dengan hadirnya layanan penerbangan rute Kupang-Lombok ini," kata Ketua Asita Nusa Tenggara Timur Abed Frans di Kupang, Senin (21/5).

Ia mengatakan hal tersebut terkait dengan rencana maskapai penerbangan Lion Air membuka rute penerbangan Kupang, Ibu Kota Provinsi NTT-Lombok, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan dimulai 25 Mei 2018.

Ia mengatakan Asita sebagai bagian dari pelaku usaha pariwisata selalu menyambut baik hadirnya layanan penerbangan dari berbagai daerah yang masuk NTT, baik melalui pintu barat di Labuan Bajo, Pulau Flores maupun pintu timur di Kota Kupang, Pulau Timor.

Selain untuk memperlancar arus transportasi, lanjutnya, hal itu sekaligus membuka kesempatan wisatawan dari Lombok maupun wisatawan dari luar yang masuk melalui daerah setempat ke Kupang dan sebaliknya.

Ia mengatakan layanan penerbangan yang menghubungkan ibu kota dua provinsi yang bertetangga itu sudah hadir pada tahun sebelumnya yang terkoneksi dengan tujuan lain.

Baca juga: UNESCO soroti sampah di Taman Nasional Komodo
Wisatawan asing

"Hanya saja waktu itu khusus wisatawan mancanegara tidak terlalu marak yang masuk ke Kupang, karena yang berwisata ke destinasi unggulan seperti Taman Nasional Komodo, Pulau Flores, mereka langsung menuju Labuan Bajo, yang bersebelahan dengan Lombok," katanya.

Sebelumnya, managemen maskapai penerbangan Lion Air mengemukakan akan membuka rute penerbangan baru Kupang, Nusa Tenggara Timur-Lombok, Nusa Tenggara Barat mulai 25 Mei 2018.

"Penerbangan langsung setiap hari pukul 17.00 Wita itu akan menggunakan pesawat jenis ATR," kata Manager Lion Air Kupang Rynus Zebua secara terpisah kepada?Antara?di Kupang.

Ia menjelaskan rute penerbangan baru yang akan dilayani maskapai Lion Air itu, merupakan bagian dari komitmen perusahan untuk mendukung wisata Indonesia, khususnya di NTT.

"Banyak sekali wisatawan dari Bali yang melanjutkan perjalanan ke Lombok, dan kami berharap bahwa dengan adanya penerbangan langsung Kupang-Lombok, mereka bisa melanjutkan perjalanan ke NTT," katanya.

Baca juga: Asita dukung kerja sama agen travel trilateral
Pariwisata