Siklon tropis Herman bergerak menjauhi wilayahI Indonesia

id Siklon tropis Herman ,Samudera Hindia ,Hujan lebat ,Gelombang tinggi,CUACA

Siklon tropis Herman bergerak menjauhi wilayahI Indonesia

Tangkapan layar citra satelit yang dipublikasikan BMKG menunjukkan siklon tropis Herman terpantau di Samudera Hindia sebelah selatan Jawa, Jumat (31/3/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

...Posisi siklon tropis itu tepatnya di sekitar 1.100 km sebelah selatan barat daya Cilacap. Diperkirakan intensitas siklon tropis itu menurun dalam 24 jam ke depan
Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa siklon tropis Herman yang terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

"Siklon tropis Herman bergerak ke arah timur tenggara menjauhi wilayah Indonesia," kata Deputi Meteorologi, BMKG, Guswanto di Jakarta, Jumat, (31/3/2023).

Ia menambahkan, posisi siklon tropis itu tepatnya di sekitar 1.100 km sebelah selatan barat daya Cilacap. Diperkirakan intensitas siklon tropis itu menurun dalam 24 jam ke depan.

Guswanto menyampaikan, siklon tropis Herman memberikan dampak tidak langsung terhadap cuaca di Indonesia dalam 24 jam ke depan berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang di wilayah Pesisir Barat Bengkulu, Sumatera Selatan, Pesisir Barat Lampung, Pesisir Selatan Banten, Pesisir Selatan Jawa Barat, Pesisir Selatan Jawa Tengah, Pesisir Selatan Yogyakarta, serta Pesisir Selatan Jawa Timur.

Selain itu, lanjut dia, siklon tropis itu juga memberikan dampak tidak langsung terhadap tinggi gelombang perairan Indonesia. Tinggi gelombang di kisaran 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Perairan Barat Bengkulu.

Sementara itu, tinggi gelombang 2,5-4 meter berpotensi terjadi di perairan Pulau Enggano, Perairan Barat Lampung, Samudra Hindia barat Kep. Mentawai hingga Lampung, Teluk Lampung bagian Selatan, Selat Sunda bagian Barat dan Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Timur, serta Samudra Hindia selatan Banten hingga Jawa Timur.

 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Siklon tropis Herman bergerak menjauhi wilayah Indonesia