Puncak Arus Mudik Bandara El Tari H-I

id Arus Mudik

Puncak Arus Mudik Bandara El Tari H-I

Aktivitas pemudik di Bandara El Tari Kupang, Jumat (8/6). (Foto Antara/Kornelis Kaha)

"Kami prediksi puncak arus mudik di bandara El Tari Kupang akan terjadi pada H-I,"
Kupang, AntaraNews NTT - PT.Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang memprediksi puncak arus mudik di Bandara tersebut akan terjadi pada H-I Perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah.

"Kami prediksi puncak arus mudik di bandara El Tari Kupang akan terjadi pada H-I," kata Kepala Humas Bandara El Tari Kupang Kadir Usman kepada Antara di Kupang, Jumat (8/6).

Hal ini disampaikannya terkait dengan prediksi puncak arus mudik di bandara Internasional El Tari Kupang yang mulai H-8 pada Kamis (7/6) sudah mengalami peningkatan arus mudik sebesar 24 persen.

Kadir menyakini hal tersebut karena memang mulai H-8 kemarin sudah terjadi peningkatan penumpang mudik apalagi lanjutnya sebelum H-1 sebagian kantor masih juga beroperasi.

Dia mengatakan bahwa lonjakan penumpang juga sudah terlihat di sejumlah maskapai penerbangan yang melayani penerbangan dengan rute Kupang-Jakarta dan Kupang-Surabaya.

Namun menurutnya hingga kini belum ada penambahan penerbangan atau "Extra flight" untuk maskapai penerbangan yang melayani pemudik di Bandara El Tari Kupang.

"Untuk saat ini belum ada extra flight. Tetapi biasanya kalau melihat dari pengalaman extra flight diberikan pada H-3 ketika mulai membludaknya penumpang," tambahnya.

Lebih lanjut terkait jumlah pemudik yang melewati bandara El Tari pada h-7 yakni pada Jumat (8/6) hari ini belum direkapitulasi.

"Kami akan laporkan dua kali. Yang pertama data sementara dilaporkan pada pukul 14.00 WITA. Sementara yang kedua yakni pada pukul 23.00 WITA malam nanti," tuturnya.

Namun untuk data Kamis (7/6) kemarin pada H-8 jumlah pemudik mengalami kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan pada tahun 2017.

Pada tahun 2017 jumlah pemudik hanya mencapai 3.136 pemudik. Sementara pada tahun 2018 ini di H-8 jumlahnya meningkat menjadi 3.489 pemudik.Budi Suyanto