Dinkes Kabupaten Kupang optimistis capai vaksinasi 70 persen

id NTT,COVID-19 kabupaten kupang

Dinkes Kabupaten Kupang optimistis capai vaksinasi 70 persen

Petugas Kesehatan di Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap masyarakat yang belum melakukan vaksinasi dosis pertama vaksin COVID-19 beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/ Benny Jahang)

...Kami sangat optimis capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kupang sudah bisa mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama dari 282 ribu
Kupang (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dr. Robert Amheka mengatakan rasa optimistis capaian vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama di daerah itu tembus 70 persen dari 282 ribu sasaran wajib vaksinasi dalam pekan ini.

"Kami sangat optimis capaian vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Kupang sudah bisa mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama dari 282 ribu wajib penerima vaksin karena saat ini pemberian vaksinasi masih terus dilakukan," kata Robert Amheka di Kupang, Jumat  (21/1).

Ia mengatakan hal itu terkait upaya percepatan vaksinasi COVID-19 dalam mencegah penularan COVID-19 dengan adanya varian baru COVID-19 Omicron.

Ia menjelaskan warga Kabupaten Kupang yang telah mendapat vaksinasi COVID-19 untuk dosis pertama hingga Kamis (20/1/2022) sudah mencapai 190.773 orang atau 67,79 persen dari 282 orang wajib vaksinasi.

"Kami yakin dalam pekan ini sudah bisa tercapai 70 persen vaksinasi dosis pertama.

Sementara itu untuk capaian vaksinasi dosis II telah dilakukan terhadap 114.394 sasaran atau 40,65 persen sasaran.

Ia menjelaskan untuk mencapai kekebalan kelompok yaitu 70 persen masyarakat suatu populasi tervaksinasi kabupaten Kupang melalui Dinkes dibantu aparat kepolisian dan TNI terus melakukan kegiatan vaksinasi.

Baca juga: Positif COVID-19 di Kabupaten Kupang bertambah 46 kasus

Dia mengatakan apabila capaian vaksinasi COVID-19 telah tembus 70 persen maka Dinas Kesehatan akan mulai fokus untuk mengejar capaian vaksinasi lansia,anak sekolah berusia 8 tahun ke atas.

Baca juga: PLTU Timor I Panaf Timor di NTT ditutup akibat pekerjanya terpapar COVID-19

Dikatakannya upaya keras dari berbagai pihak dan kesadaran masyarakat untuk melakukan vaksinasi akan membantu memutus mata rantai penularan COVID-19 di kabupaten yang berbatasan dengan wilayah Oecusse, Timor Leste itu.