Presiden Jokowi akan mengunjungi Ukraina dan Rusia

id Presiden Jokowi,Ukraina,Rusia

Presiden Jokowi akan mengunjungi Ukraina dan Rusia

Tangkapan layar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta, Rabu (22/6/2022). (ANTARA/Aria Cindyara)

...Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai presiden G20 dan salah satu anggota champion group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk oleh Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi

Jakarta (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo dijagwalkan akan melakukan kunjungan ke ibu kota Ukraina dan Rusia, yakni Kiev dan Moskow, dan bertemu dengan pemimpin masing-masing negara Presiden Volodymyr Zelenskyy dan Presiden Vladimir Putin.

Dalam pengarahan pers yang diikuti dari Jakarta, Rabu, (22/0602022), Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi mengatakan bahwa kunjungan tersebut akan dilakukan sebagai bagian dari rangkaian kunjungan Presiden ke luar negeri pada akhir Juni, dan dilakukan dalam situasi yang masih sangat kompleks.

Hal itu terkait dengan peperangan yang masih berlangsung di Ukraina.

“Meskipun situasinya sulit dan masalahnya kompleks, sebagai presiden G20 dan salah satu anggota champion group dari Global Crisis Response Group yang dibentuk oleh Sekjen PBB, Presiden Jokowi memilih untuk mencoba berkontribusi, tidak memilih untuk diam,” papar Menlu.

Dia menambahkan bahwa Presiden Jokowi akan menjadi pemimpin negara Asia pertama yang melakukan kunjungan ke dua negara tersebut sejak Rusia melancarkan apa yang disebut sebagai operasi khusus di Ukraina.
 

Baca juga: Perkirakan serangan Rusia akan meningkat, ini respon Zelenskyy

Baca juga: Putin bilang Rusia tak menentang Ukraina bergabung dengan EU


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden akan kunjungi Ukraina, Rusia dan temui pemimpin kedua negara
Pewarta :
Editor: Bernadus Tokan
COPYRIGHT © ANTARA 2022