BLT Dana Desa telah disalurkan bagi 335.559 KPM di NTT menurut Kemenkeu

id blt dana desa,dana desa ntt,penyaluran blt ntt,blt dana desa ntt,realisasi blt di ntt,kanwil djpb ntt,kemenkeu,ntt

BLT Dana Desa telah disalurkan bagi 335.559 KPM di NTT menurut Kemenkeu

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi NTT Catur Ariyanto Widodo memberikan keterangan dalam konferensi pers di Kupang, Kamis (29/9/2022). (FOTO ANTARA/Aloysius Lewokeda)

...Penyaluran BLT Dana Desa di NTT telah terealisasikan bagi 335.559 KPM di NTT hingga triwulan III dengan nilai bantuan sebesar Rp814,2 miliar, kata Kepala Kantor Wilayah DJPb NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo kepada wartawan dalam konferensi pers
Kupang (ANTARA) - Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Nusa Tenggara Timur Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa telah disalurkan bagi sebanyak 335.559 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di NTT hingga Agustus 2022.

"Penyaluran BLT Dana Desa di NTT telah terealisasikan bagi 335.559 KPM di NTT hingga triwulan III dengan nilai bantuan sebesar Rp814,2 miliar," kata Kepala Kantor Wilayah DJPb NTT Kemenkeu Catur Ariyanto Widodo kepada wartawan dalam konferensi pers terkait kinerja Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) regional Provinsi NTT di Kupang, Kamis, (29/9/2022).

Ia mengatakan hal itu berkaitan dengan progres penyaluran BLT Dana Desa tahun 2022 di NTT.

BLT Dana Desa, kata dia merupakan bantuan keuangan yang disalurkan pemerintah kepada masyarakat miskin yang kesulitan memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari terutama akibat pandemi COVID-19.

Nilai bantuan yang diterima setiap KPM sebesar Rp300 ribu per bulan yang dibagikan per triwulan dengan total sebesar Rp3,6 juta selama 12 bulan.

Baca juga: Kantor Pos Kupang salurkan BLT BBM sampai ke daerah terpencil

Ia mengatakan bantuan dana ini diharapkan mampu meningkatkan daya beli masyarakat sehingga kondisi perekonomian di NTT bisa bertumbuh di tengah tekanan akibat berbagai faktor.

Lebih lanjut pihaknya mencatat realisasi penyaluran BLT Dana Desa bagi KPM juga terus terus bergerak meningkat dari sebelumnya terealisasikan untuk 331.186 KPM.

Baca juga: Kapolda NTT imbau pengelolaan dana BLT sesuai peruntukan

Pihaknya mendorong pemerintah darah di NTT agar terus berkoordinasi memastikan penyaluran BLT Dana Desa berjalan dengan lancar sehingga manfaatnya langsung dinikmati masyarakat.

Selain itu ia juga mengajak masyarakat di NTT agar turut berperan mengawal penyaluran BLT Dana Desa agar bisa berjalan dengan cepat dan tepat pada sasaran sehingga bisa memberikan manfaat yang optimal bagi kemajuan daerah, demikian Catur Ariyanto Widodo.