Telkomsel serius tangani penipuan terhadap pelanggan

id Telkomsel

Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular Nusa Tengara, Teni Ginaya.

Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular Nusa Tengara Teni Ginaya mengatakan pihaknya serius menangani maraknya penipuan kepada pelanggan telepon seluler.
Kupang (AntaraNews NTT) - Corporate Communications PT Telekomunikasi Selular Nusa Tengara Teni Ginaya mengatakan pihaknya serius menangani maraknya penipuan kepada pelanggan telepon seluler.

"Semakin maraknya kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS, semakin membuat Telkomsel peduli dan serius menanganinya," katanya di Kupang, Rabu, terkait respon Telkomsel terhadap berbagai kasus penipuan melalui telepon seluler.

Dia menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk selalu waspada terhadap beragam bentuk penipuan.

Ia menegaskan, Telkomsel tidak pernah meminta data diri, password atau kode verifikasi kepada pelanggan untuk alasan apapun. Data diri, password atau kode tersebut harus selalu dijaga kerahasiaannya seperti halnya PIN ATM atau bank.

Dia mengemukakan apabila pelanggan merasa tidak melakukan aktivitas yang disebutkan dalam SMS, pelanggan tidak perlu menanggapi SMS tersebut, dan tidak menginformasikan kode verifikasi tersebut apabila diminta oleh pihak tak dikenal.

"Dengan memberikan password atau kode verifikasi kepada orang lain, sama saja dengan memberikan akses kepada orang lain untuk melakukan transaksi apapun melalui aplikasi MyTelkomsel," ujarnya.

Baca juga: Telkomsel pasang 560 BTS di NTT

Selain meminta password atau kode verifikasi aplikasi MyTelkomsel, modus penipuan lain adalah dengan meminta pelanggan untuk memberikan kode verifikasi atas pembelian layanan Telkomsel yang terkirim melalui SMS.

"Pelanggan yang merasa telah login aplikasi MyTelkomsel di beberapa device/perangkat, dapat melakukan "log out" otomatis dengan cukup menghubungi *323*20#," katanya.

Pelanggan akan mendapatkan notifikasi melalui SMS dan secara otomatis ter-log out atau keluar dari semua akses aplikasi MyTelkomsel, sebutnya.

Dia menambahkan dalam menyampaikan segala informasi untuk pelanggan, baik mengenai program, layanan, produk, ataupun promosi berhadiah, Telkomsel selalu menggunakan mekanisme pemberitahuan resmi.

Pemberitahuan resmi itu, seperti melalui surat, pemberitaan di media massa nasional, informasi di GraPARI terdekat atau di Call Center Telkomsel, serta situs resmi perusahaan.

Jika terjadi penipuan, pelanggan dapat menghubungi layanan call center 24 jam dengan menghubungi 188, mengirimkan SMS pengaduan yang dikirimkan ke 1166 secara gratis dengan format penipuan#no, lanjutnya.

Baca juga: Telkomsel-Binar Academy gelar edukasi digital di Kupang
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar