Selasa, 26 September 2017

Asita Apresiasi Garuda Buka Rute Makassar-Kupang

id Garuda
Asita Apresiasi Garuda Buka Rute Makassar-Kupang
Garuda Indonesia akan melayani rute penerbangan Makassar-Kupang yang akan dimulai pada awal Desember 2017.
"Pembukaan rute-rute penerbangan baru itu akan memudahkan dan memperlancar perjalanan arus perjalanan wisatawan dari satu daerah ke daerah lainnya di Indonesia," kata Abednego Fran.
Kupang (Antara NTT) - Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (Asita) Nusa Tenggara Timur mengapresiasi maskapai penerbangan Garuda Indonesia yang segera membuka rute Makassar-Kupang, serta Medan-Palembang yang akan dimulai pada 2 Desember 2017.

"Pembukaan rute-rute penerbangan baru itu akan memudahkan dan memperlancar perjalanan arus perjalanan wisatawan dari satu daerah ke daerah lainnya di Indonesia," kata Ketua Asita Nusa Tenggara Timur Abednego Frans di Kupang, Rabu.

Sebelumnya, Vice President Garuda Indonesia Sulawesi, Kalimantan, Maluku, dan Papua I Wayan Supatrayasa di Makassar, Rabu (13/9), mengatakan proses pembukaana rute baru terus digenjot agar masyarakat sudah bisa menggunakannya pada tahun ini.

"Kami pada Desember 2017 sudah rencanakan bagaimana menghubungkan Ujung Pandang (Makassar) ke Pulau Sumatera. Dan kami sudah rencana dua kota, yakni Palembang dan Medan. Terus ada pula satu kota lagi di Indonesia timur, yakni Kupang, Nusa Tenggara Timur," katanya.

Menurut Abednego, selama ini penumpang dari Kupang tujuan Makassar harus menempuh perjalanan transit yang jauh ke Jakarta yang berkonsekuensi terhadap tingginya harga tiket.

Menurut dia, keputusan menyinggahi dua daerah di Sumatera dan NTT itu sanggat tepat selain adanya permintaan dari masyarakat, meski untuk rute Makassar-Kupang baru dilakukan empat kali dalam seminggu.

"Jadi untuk rute penerbangan Makassar ke Medan atau Palembang dijadwalkan setiap hari. Adapun untuk rute Makassar-Kupang akan kita laksanakan empat kali dalam seminggu," ujarnya.

Dia mengatakan pembukaan rute baru Garuda ini akan berdampak pada pengembangan pariwisata dan mampu mendorong sektor pembangunan lain di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini," katanya.

Sebelumnya Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumantri memberi izin bagi maskapai untuk menerbangi Kupang-Darwin di Australia Utara.

Menurut dia, rute penerbangan yang menghubungkan dua negara yang berbatasan secara langsung itu, juga akan berdampak pada pengembangan pariwisata dan mampu mendorong sektor pembangunan lain di wilayah provinsi berbasis kepulauan ini.

Editor: Laurensius Molan

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga