Berita kemarin, R20 resmi dibuka hingga Presiden Jokowi menelepon Putin

id R20,Presiden Jokowi,Vladimir Putin,Indo Defence 2022,Politik Identitas

Berita kemarin, R20 resmi dibuka hingga Presiden Jokowi menelepon Putin

Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas memberi paparan pada salah satu sesi diskusi G20 Religion Forum (R20) di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (2/11/2022). (ANTARA/HO-Kementerian Agama RI)

...Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (2/11), mulai dari Forum R20 resmi dibuka hingga Presiden Jokowi mengungkapkan sempat menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin
Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa politik terjadi di Indonesia, Rabu (2/11), mulai dari Forum R20 resmi dibuka hingga Presiden Jokowi mengungkapkan sempat menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengapresiasi keputusan kembali berpartisipasi dalam kesepakatan biji-bijian Laut Hitam.

Berikut ini lima berita politik menarik pilihan ANTARA.

Forum R20 resmi dibuka di Bali

Forum Agama G20 atau R20 secara resmi dibuka di Nusa Dua, Bali, pada Rabu (2/11), yang ditandai dengan penabuhan rebana tamborin di atas panggung oleh beberapa tokoh yang hadir.

“Selamat datang di Bali, sebuah tanah tempat di mana pemeluk Hindu berada yang mengizinkan NU, organisasi Muslim terbesar dan Liga Muslim Dunia, organisasi terpenting di dunia Islam, untuk membawa inisiatif di sini,” ucap Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya ketika menyampaikan sambutan dalam pembukaan G20 Religion Forum (R20), Nusa Dua, Bali.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi saksikan demonstrasi prajurit TNI di Indo Defence 2022

Presiden Joko Widodo menyaksikan peragaan prajurit dan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) TNI dalam Indo Defence 2022 Expo dan Forum di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11).

Presiden Jokowi tiba di JIEXPO Kemayoran sekitar pukul 08.55 WIB dan selanjutnya memasuki area pertunjukan langsung (live demo) di kawasan JIExpo didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, dan para pejabat terkait lainnya.

Selengkapnya baca di sini.

Prabowo: Indonesia selalu terbuka dengan semua negara

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan Indonesia berkomitmen untuk selalu terbuka dalam menjalin hubungan eksternal dengan semua negara, melakukan diplomasi pertahanan, serta meningkatkan kekuatan pertahanan dengan mengembangkan alutsista buatan dalam negeri.

"Misi pertahanan Indonesia pada dunia dan mendorong serta memajukan industri pertahanan menuju kemandirian dan pemenuhan alpahankam (anggaran pengadaan alat pertahanan dan keamanan)," kata Prabowo dalam sambutannya saat membuka Indo Defence 2022 Expo & Forum di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11).

Selengkapnya baca di sini.

Mahfud: Jangan lakukan politik identitas, tapi identitas politik boleh

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD mengingatkan semua pihak untuk tidak melakukan politik identitas, tetapi identitas politik itu boleh.

“Jangan melakukan politik identitas, tapi identitas politik itu boleh, tidak terhindarkan,” ucap Mahfud kepada wartawan di sela kegiatan G20 Religion Forum (R20) di Nusa Dua, Badung, Bali, Rabu (2/11).

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi telepon Putin apresiasi keputusan gabung kesepakatan Laut Hitam

Presiden RI Joko Widodo mengungkapkan bahwa ia sempat menelepon Presiden Rusia Vladimir Putin untuk mengapresiasi keputusan sejawatnya itu kembali berpartisipasi dalam kesepakatan biji-bijian Laut Hitam yang bertujuan demi melanjutkan ekspor gandum dari Ukraina.

"Barusan (saya) melakukan pembicaraan melalui telepon dengan Presiden Putin dan membicarakan kesepakatan biji-bijian Laut Hitam. Menyambut baik keputusan Rusia bergabung kembali dalam inisiatif ini," cuit Jokowi dalam bahasa Inggris melalui akun Twitter resmi @jokowi, Rabu (2/11) malam.

Selengkapnya baca di sini.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemarin, R20 resmi dibuka hingga Jokowi menelepon Putin