NTT bangun kebun raya di Raknamo

id FRANKY

Pejabat pembuat komitmen pengelola Bendungan Raknamo, Dinas Pekerjaan Umum NTT Franky Welkis (ANTARA Foto/Benny Jahang).

Dinas PU NTT akan membangun kebun raya di kawasan Bendungan Raknamo, Kabupaten Kupang, sebagai lokasi tujuan wisata alam bagi masyarakat Kabupaten dan Kota Kupang.
Kupang (ANTARA News NTT) - Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur akan membangun kebun raya di kawasan Bendungan Raknamo, Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, sebagai lokasi tujuan wisata alam bagi masyarakat Kabupaten dan Kota Kupang.

"Kami memiliki rencana membangun kebun raya untuk kepentingan wisata di Bendungan Raknamo. Kebun raya ini direncanakan dibangun dalam kawasan hutan lindung di sekitar bendungan Raknamo," kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengelola Bendungan Raknamo Dinas Pekerjaan Umum, Provinsi NTT, Franky Welkis, ketika dihubungi Antara di Kupang, Rabu (5/12)

Menurut dia, rencana pembangunan kebun raya untuk tujuan wisata itu sudah direncanakan sejak lama dan telah didiskusikan dengan pihak kehutanan sebagai pengelola kawasan hutan lindung di Raknamo.

"Mereka sangat setuju dengan rencana pembangunan kebun raya di kawasan Bendungan Raknamo sebagai bentuk dukungan bagi pelestarian lingkungan," kata Franky.

Ia mengatakan pembangunan kebun raya untuk tujuan wisata belum dapat direalisasikan saat ini karena masih terkendala anggaran.
Bendungan Raknamo di wilayah Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur akan dikelola menjadi salah satu destinasi wisata di daerah ini, karena pengunjungnya sangat padat saat hari libur tiba. (ANTARA Foto/Laurensius Molan)
"Kami akan diskusikan lagi dengan pimpinan untuk kelanjutan rencana pembangunan kebun raya di kawasan Bendungan Raknamo itu," tegas Franky.

Franky mengatakan kunjugan wisatawan ke Bendungan Raknamo pada hari libur sangat padat sehingga menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah NTT untuk membangun kebun raya untuk tujuan wisata alam.

Kendati demikian kata dia, kawasan Bendungan Raknamo belum dibuka sebagai lokasi wisata umum karena masih dalam tahap pemeliharaan dilakukan PT Waskita Karya sebagai kontraktor pembangunan Bendungan Raknamo.

"Memang banyak wisatawan yang berwisata ke Raknamo namun pada umumnya hanya sampai di bagian bawah bendungan, kami melarang pengunjung masuk hingga ke atas kawasan bendungan karena pertimbangan keamanan," tegas Franky.

Ia berharap para wisatawan yang berkunjung ke Raknamo untuk selalu berhati-hati dan tidak masuk ke kawasan bendungan karena akan membahayakan bagi keselamatan pengunjung.
Pesona Bendungan Raknamo di wilayah Kecamatan Amabi Oefeto, Kabupaten Kupang, NTT. (ANTARA Foto/Laurensius Molan) 
Pewarta :
Editor: Laurensius Molan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar