Tiga kapal patroli Indonesia-Australia dikerahkan dalam operasi Gannet

id NTT, Gannet 7,Kota Kupang,Indonesia-australia,Bakamla-ABF

Tiga kapal patroli Indonesia-Australia dikerahkan dalam operasi Gannet

Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Friche Flack,(kanan) menerima cinderamata dari Deputy Commander, Maritime Border Command Australian Border Force (ABF) Benjamin Honey saat acara pembukaan patroli Gannet 7 2023 Indonesia-Australia di perairan perbatasan di Kupang, NTT, Rabu (17/5/2023). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

“Tak hanya itu ada juga dua pesawat udara patroli,  untuk membantu pengawasan dari udara,
Kupang (ANTARA) - Sebanyak tiga kapal patroli milik Pemerintah Indonesia dan Australia dikerahkan dalam kegiatan patroli bersama melalui operasi Gannet 7 2023 di wilayah perairan perbatasan antara Indonesia-Australia.

Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Friche Flack, di Kupang, Rabu, (17/5/2023) mengatakan tiga unit kapal tersebut, antara lain KN Pulau Nipah 321 milik Bakamla RI, KN Orca 01 milik Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) dan satu lagi ADV Cape Naturaliste milik Australian Border Force (ABF).

“Tak hanya itu ada juga dua pesawat udara patroli,  untuk membantu pengawasan dari udara,” katanya.

Dia menambahkan pelaksanaan patroli bersama ini setiap tahun. Tahun sebelumnya operasi tersebut dilakukan di wilayah Australia dan tahun 2023 dilakukan di wilayah Indonesia, khususnya di perairan yang berbatasan dengan Australia.

Kegiatan operasi tersebut, kata dia, dilaksanakan selama 10 hari yang mulai pada Rabu (17/5)  dan sejumlah kapal akan terus melakukan patroli di perbatasan.

Dia menambahkan patroli bersama yang sudah dilakukan untuk ketujuh kali itu juga akan meningkatkan kedekatan antara kedua negara yakni antara Indonesia dan Australia dalam pengamanan wilayah perbatasan kedua negara.

Deputy Commander, Maritime Border Command ABF Benjamin Honey mengatakan pihaknya menerjunkan dua alutsista yakni satu pesawat udara dan satu unit kapal patroli.

Sementara jumlah personel yang dikerahkan oleh ABF dalam patroli tersebut berjumlah 30 personel yang semuanya ada kru kapal patroli tersebut.

“Saya mengapresiasi karena dengan adanya kegiatan seperti ini tentunya akan mempererat hubungan politik antara Indonesia dan Australia,”  ujar dia.

Baca juga: Bakamla bangun sistem peringatan dini keamanan laut di NTT
Baca juga: Bakamla gelar latihan sistem peringatan dini pemantau keamanan