KKP terjunkan dua Alutsista dukung pelaksanaan operasi Gannet 7 RI-Australia

id NTT, KKP,PSDKP,Kota Kupang,Gannet 7

KKP terjunkan dua Alutsista dukung pelaksanaan operasi Gannet 7 RI-Australia

Kapal patroli KN Orca 01 milik Ditjen Pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan (PSDKP) bertolak meninggalkan pelabuhan Tenau usai menghadiri acara pembukaan Patroli Gannet 7 antara Indonesia-Australia di wilayah perbatasan di Kupang, NTT, Rabu (17/5/2023). ANTARA FOTO/Kornelis Kaha.

Selain pemberantasan IUU fishing, target operasi ini juga akan meliputi kejahatan transnasional lainnya, contohnya seperti human traficking serta drug smugling di kawasan perbatasan kedua negara...
Kupang (ANTARA) - Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerjunkan dua unit alutsistanya untuk membantu pelaksanaan operasi Gannet 7 2023 bersama dengan Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI dan Australian Border Force (ABF).

Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Laksamana Muda TNI Adin Nurawaluddin dalam keterangan yang diterima di Kupang, Jumat, (19/5/2023) malam mengatakan bahwa dua alutsista yang dilibatkan dari pihak KKP itu antara lain Orca 01 dan Martime Patrol Aircraft ATR 42-300.

Adin menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam patroli terkoordinasi itu, khususnya kepada Pemerintah Australia yang selama ini telah mendukung upaya pemberantasan penangkapan ikan yang melanggar aturan, tidak dilaporkan, dan tidak diatur (IUUF) di Laut Timur dan Arafura.

"Sebelum adanya Operation Gannet, KKP dan Pemerintah Australia telah menjalin kerja sama melalui patroli terkoordinasi selama kurang lebih 20 tahun lamanya dalam upaya memberantas IUU fishing. Hal ini merupakan komitmen bersama yang akan terus dilanjutkan melalui Operation Gannet setiap tahunnya,” kata dia.

Dia menambahkan bahwa patroli terkoordinasi yang digelar setiap tahunnya ini merupakan implementasi dari Indonesia - Australia Fisheries Surveillance Forum (IAFSF) dalam upaya kerja sama memberantas kejahatan transnasional di kawasan perbatasan Laut Timor dan Arafura.

Dia menambahkan bahwa Patroli bersama ini akan digelar selama 10 hari ke depan sejak tanggal 18 - 27 Mei 2023 di kawasan perbatasan kedua negara di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 573 - Laut Timor dan Arafura.

"Selain pemberantasan IUU fishing, target operasi ini juga akan meliputi kejahatan transnasional lainnya, contohnya seperti human traficking serta drug smugling di kawasan perbatasan kedua negara,” tegas dia.

Selain aset patroli dari KKP, ada juga aset patroli lainnya yang terlibat dalam operasi itu antara lain KN Pulau Nipah milik Bakamla RI dan ADV Cape Naturaliste serta 1 Pesawat Udara Patroli dari ABF.

Sebelumnya pada Rabu (17/5) lalu operasi GANNET-7 secara resmi telah dibuka oleh Direktur Operasi Laut Laksma Bakamla Friche Flack, di salah satu hotel di Kota Kupang.

Friche menyampaikan bahwa meskipun dalam pelaksanaan patroli bersama ini terdapat tantangan-tantangan yang dihadapi, namun pihaknya sangat mengapresiasi semangat kerja sama dari semua pihak yang terlibat.

Terutama para personel kapal dan pesawat yang selama ini menjadi garda terdepan dalam mengamankan wilayah perairan perbatasan Indonesia dan Australia.

"Saya sangat mengagumi semangat kerja sama dari semua pihak yang terlibat, sehingga pelaksanaan Operation GANNET dapat terus tercapai setiap tahunnya", ungkapnya.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono menyampaikan bahwa pihaknya yakin jika penguatan pengawasan di WPPNRI dapat dilakukan melalui kerja sama dengan negara-negara tetangga dan penambahan armada kapal pengawas.

Seperti baru-baru ini, KKP telah mengirim 24 orang Awak Kapal Pengawas ke Hiroshima, Jepang untuk menjalani pengenalan komponen dan tata cara pengoperasian Kapal Pengawas baru yang akan didatangkan dari Jepang.

Baca juga: Operasi Gannet 7 Indonesia-Australia fokus mencegah kasus transnasional

Baca juga: Tiga kapal patroli Indonesia-Australia dikerahkan dalam operasi Gannet







 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KKP terjunkan dua Alutsista dukung operasi Gannet 7 RI-Australia