Balai TN Kelimutu sebut wisnus dominasi kunjungan ke Kelimutu

id kelimutu,danau kelimutu,taman nasional kelimutu,balai taman nasional kelimutu,pariwisata,ende,flores

Balai TN Kelimutu sebut wisnus dominasi kunjungan ke Kelimutu

Salah satu kawah di Danau Kelimutu, Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. (ANTARA/Fransiska Mariana Nuka)

...Kalau kita lihat tren jumlah pengunjung tentu ada peningkatan, tapi bergantung pada hal-hal khusus, seperti bulan April itu karena libur hari raya Idulfitri, lalu bulan Juni kemarin ada libur panjang
Maumere (ANTARA) - Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu Budi Mulyanto menyebut kunjungan ke Danau Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur didominasi oleh wisatawan nusantara (wisnus).

"Karena faktor aksesibilitas dan ketersediaan sarana transportasi sehingga didominasi wisnus, itu juga wisnus yang aksesnya terjangkau, seputaran daratan Pulau Flores, walaupun juga ada dari luar NTT," kata Budi dari Kabupaten Ende, Rabu, (5/7/2023).

Balai Taman Nasional Kelimutu mencatat jumlah kunjungan wisatawan yang meningkat dari angka 5.630 orang pada bulan Mei 2023 menjadi 9.023 orang pada bulan Juni 2023.

Dari total tersebut, wisnus lebih mendominasi dengan catatan 4.706 orang pada bulan Mei 2023 meningkat menjadi 8.146 orang pada bulan Juni 2023.

Sedangkan jumlah wisatawan mancanegara bulan Juni 2023 sebanyak 877 orang, menurun dari angka 924 orang pada bulan Mei 2023.

"Kalau kita lihat tren jumlah pengunjung tentu ada peningkatan, tapi bergantung pada hal-hal khusus, seperti bulan April itu karena libur hari raya Idulfitri, lalu bulan Juni kemarin ada libur panjang," ungkap Budi.

Untuk mendukung keberadaan Taman Nasional Kelimutu  dan bagian dari pengembangan promosi, Balai Taman Nasional Kelimutu memfasilitasi pemberdayaan sekitar kawasan yang telah dimulai dari tahun 2020 hingga 2024 nanti.

Baca juga: BPOLBF promosikan Ende lewat Bumi Pancasila Ende

Taman Nasional Kelimutu juga melakukan pembenahan sarana dan prasarana pengelolaan wisata termasuk peningkatan kapasitas pengelolaan serta mitra masyarakat yang memanfaatkan jasa wisata di Danau Kelimutu.

Baca juga: Ketua DPD RI puji Danau Kelimutu di Ende destinasi kelas dunia

Ia menyebut adanya dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ende dan pemangku kepentingan lain sehingga pengelolaan Taman Nasional Kelimutu pun menjadi lebih baik lagi.

"Kita berharap pengembangan pemberdayaan masyarakat sekitar bisa meningkatkan perekonomian termasuk juga dukungan pariwisata," katanya berharap optimis.