Polresta Kupang gagalkan pengiriman 23 orang PMI nonprosedural lewat pelabuhan Tenau

id NTT,tenaga kerja,TPPO

Polresta Kupang gagalkan pengiriman 23 orang PMI nonprosedural lewat pelabuhan Tenau

Aparat Polresta Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur, mengagalkan pemberangkatan 23 pekerja migran Indonesia (PMI) nonprosedural yang hendak menuju Kalimantan Selatan. ANTARA/HO-Humas Polresta Kupang Kota

...Para tenaga kerja itu hendak bekerja di Kalimantan Tengah tanpa melalui prosedur yang berlaku, kata Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto
Kupang (ANTARA) - Polresta Kupang Kota, Nusa Tenggara Timur, menggagalkan pengiriman 23 pekerja migran Indonesia (PMI) nonprosedural melalui Pelabuhan Tenau, Kelurahan Alak, Kecamatan Alak, Kota Kupang.

"Memang benar anggota Polres Kupang Kota yang bertugas di Pelabuhan Tenau menggagalkan pemberangkatan 23 orang PMI nonprosedural yang hendak menuju Kalimantan Tengah pada Senin (10/7) malam," kata Kapolresta Kupang Kota Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto ketika dihubungi di Kupang, Selasa, (11/7/2023).

Mereka diketahui hendak berangkat menuju Provinsi Kalimantan Tengah dengan menumpang Kapal Bukit Siguntang saat aparat kepolisian melakukan pemeriksaan di depan pintu masuk terminal penumpang Pelabuhan Tenau Kupang.

"Para tenaga kerja itu hendak bekerja di Kalimantan Tengah tanpa melalui prosedur yang berlaku," kata Kombes Pol. Rishian Krisna Budhiaswanto.

Pihak kepolisian yang bertugas di Pelabuhan Tenau menyita tiket Kapal Bukit Siguntang dan sejumlah kartu tanda penduduk (KTP) milik 23 orang PMI nonprosedural.

Aparat kepolisian menemukan adanya perbedaan nama yang tercantum dalam tiket kapal dengan nama dalam KTP milik para pekerja migran Indonesia nonprosedural sehingga ada dugaan pelaku yang merekrut 23 calon tenaga kerja itu menggunakan KTP orang lain saat membeli tiket.

Baca juga: Satgas TPPO tetapkan 714 tersangka

Abdisua Isu (21) warga RT 15/RW 05, Desa Tublopo, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) Provinsi Nusa Tenggara Timur mengaku direkrut oleh seseorang yang bernama Mesak Isu untuk bekerja di Kalimantan Tengah.

Baca juga: Polres tetapkan oknum mahasiswa Alor tersangka kasus TPPO

Anggota kepolisian yang bertugas di KP3 Laut Tenau bersama salah seorang calon PMI bernama Abdisua Isu sempat melakukan pencarian terhadap Mesak Isu di sekitar area pelabuhan, namun tidak ditemukan.