Hiburan - Tips merawat baterai motor listrik ala ALVA

id alva,motor listrik,tips otomotif,merawat baterai motor listrik,baterai motor listrik

Hiburan - Tips merawat baterai motor listrik ala ALVA

Arsip foto - Seorang pria mengisi daya baterai sepeda motor listriknya di SPKLU Charger kendaraan dengan koin listrik (Cak Kolis) di Mataram, NTB, Senin (5/12/2022). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/tom)

Kenyamanan dan kepercayaan pengguna merupakan prioritas ALVA...
Jakarta (ANTARA) - Motor elektrik memang menjadi hal yang baru untuk konsumen otomotif di Indonesia, untuk itu perlu berbagai edukasi agar motor listrik mereka tetap terawat terlebih pada bagian menu utama dari kendaraan, yakni baterai.

ALVA sebagai sebagai merek roda dua yang berkutat pada kendaraan listrik mengadakan pelatihan untuk ALVA Riders Community (ARC) sebagai bagian dari komitmen dalam memberikan layanan purna jual yang edukatif.

"Kenyamanan dan kepercayaan pengguna merupakan prioritas ALVA. Kegiatan Coaching Clinic ini merupakan dukungan kami agar pengguna dapat semakin mengenal motor listrik ALVA Cervo yang baru diluncurkan," kata Chief Marketing Officer ALVA Putu Yudha dalam keterangan resmi, Selasa, (18/7/2023).


ALVA Cervo hadir dengan menggunakan baterai tipe Lithium NCM yang memiliki berat 12,3 kilogram dan kapasitas 73,8 V 24 Ah (1,8 kWh) dengan durasi pengisian daya yang sudah didukung oleh fitur fast charging, memungkinkan pengguna untuk mengisi daya kedua baterai hanya dalam waktu empat jam.

Para pengguna motor listrik juga perlu mengetahui cara merawat baterai agar komponen utama dari motor listrik tersebut dapa lebih tahan lama digunakan.

Menurut Putu Yudha, para pengguna kendaraan listrik harus segera mengisi baterai ketika kapasitas baterai kendaraan sudah mencapai level 20 persen. Selain itu, apabila motor tidak dipakai dalam waktu yang lama, putuskan aliran listrik dengan cara menyimpan ALVA Cervo di tempat yang aman lalu buka penutup baterai atau keluarkan baterai dari dock-nya.

Pastikan baterai terhindar dari paparan air dan debu saat penutup dibuka atau saat baterai dikeluarkan dari tempatnya. Saat disimpan, dia juga mengimbau kapasitas baterai pada kisaran 40 persen sampai 60 persen (tidak di bawah 40 persen).

Suhu tempat penyimpanan baterai juga harus diperhatikan. Suhu yang baik untuk menyimpan baterai adalah di angka -20 derajat Celcius sampai dengan 25 derajat Celcius, dengan kelembaban 60 persen RH.


Baca juga: Jaguar siapkan kendaraan listrik pada 2025 dengan mengusung semangat "Reimagine"

Baca juga: Kendaraan listrik ini semakin terjangkau setelah mendapat suntikan insentif







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Tips merawat baterai motor listrik ala ALVA