BPOLBF promosi desa wisata Golo Loni lewat wisata pengenalan

id pariwisata,golo loni,labuan bajo,bpolbf,boplbf,famtrip,ntt,flores

BPOLBF promosi desa wisata Golo Loni lewat wisata pengenalan

Salah satu host dalam Familiarization Trip yang diselenggarakan BPOLBF dan Air Asia menanam bambu di Desa Wisata Golo Loni, Manggarai Timur, NTT beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-BPOLBF)

...Golo Loni sebagai salah satu desa wisata tematik Floratama memiliki atraksi yang berbeda seperti river tubing, pemancingan, kawasan sawah terbentang cantik yang unik dan melengkapi perjalanan wisatawan di Flores
Kupang (ANTARA) - Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) telah mempromosikan Desa Wisata Golo Loni di Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) lewat wisata pengenalan atau Familiarization Trip (famtrip).

"Golo Loni sebagai salah satu desa wisata tematik Floratama memiliki atraksi yang berbeda seperti river tubing, pemancingan, kawasan sawah terbentang cantik yang unik dan melengkapi perjalanan wisatawan di Flores," kata Direktur Utama BPOLBF Shana Fatina dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Kamis, (19/10/2023).

Dalam rangka menjaga eksistensi Flores sebagai top of mind destination di kalangan wisatawan serta mengenalkan paket wisata destinasi lain di luar Labuan Bajo, BPOLBF menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan berkolaborasi dengan Air Asia dengan mengusung tema The Majestic of Manggarai: New Destination, Special Interest, and Adventures yang dilaksanakan pada tanggal 9-13 Oktober 2023 lalu.

BPOLBF bersama tim mengajak dua selebriti yang bertindak sebagai pembawa acara (host) terlibat dalam wisata pengenalan itu untuk menikmati panorama alam Desa Wisata Golo Loni.

Shana mengatakan Golo Loni menjadi salah satu pilihan destinasi wisata baru yang harus dipromosikan lebih luas karena kerja keras dan komitmen kuat dari kelompok sadar wisata dan pemerintah desa untuk pengembangan pariwisata di tempat itu.

Ia menyebut komitmen kesiapan pelayanan dan upaya perbaikan terus menerus yang dilakukan oleh pihak desa patut mendapatkan dukungan dari semua pihak, tak terkecuali BPOLBF.

Beberapa atraksi wisata yang ditawarkan oleh pengelola desa wisata Golo Loni antara lain river tubing, fun bike, treking agrowisata, treking air terjun, spot memancing, camping ground, wisata budaya, wisata minat khusus, aktivitas pengamatan burung, serta spot wisata buatan Golo Depet.

Selain itu pengemasan produk wisata Golo Loni juga semakin lengkap dengan tersedianya homestay atau penginapan bagi pengunjung.

"Setiap famtrip kami desain untuk memberikan pengalaman berbeda sehingga membuat wisatawan mengenal destinasi baru dan punya pilihan atraksi alternatif," ucap Shana.

Selain menikmati keindahan alam dan berbagai atraksi buatan yang dikemas dengan baik oleh kelompok sadar wisata, tim yang terlibat juga mengambil sesi video, lalu ikut menanam bambu.

Shana mengatakan setiap pengunjung yang mampir ke desa itu harus ikut menanam bambu, sehingga ada unsur edukasi dan kontribusi dari wisatawan untuk mewujudkan pariwisata hijau dan pariwisata yang bertanggung jawab terhadap lingkungan.

"Kita berharap wisata pengenalan itu dapat membawa dampak positif dalam pengembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai Timur khususnya pada aspek promosi destinasi," kata Shana optimis.

Selain Golo Loni, wisata pengenalan itu juga dilakukan pada beberapa destinasi wisata lain seperti Taman Nasional Komodo di Kabupaten Manggarai Barat, serta Wae Rebo dan Lodok Cancar di Kabupaten Manggarai.

Baca juga: BPOLBF imbau wisatawan gunakan money changer resmi di Labuan Bajo

Famtrip The Majestic of Manggarai menceritakan keseruan perjalanan para host ke surga di bagian timur Indonesia yaitu Labuan Bajo serta destinasi lainnya.

Baca juga: BPOLBF harap pemenang Floratama Academy hasilkan produk berkualitas

Video promosi yang akan ditampilkan tidak hanya mengangkat keindahan daratan maupun pemandangan bahari dari Labuan Bajo yang sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, tapi juga berbagi keseruan dan keunikan budaya dari destinasi lainnya di Manggarai Raya.