BMKG prediksi perayaan Natal di Kota Kupang bakal diguyur hujan

id NTT,BMKG,info BMKG,cuaca di Kupang

BMKG prediksi perayaan Natal di Kota Kupang bakal diguyur hujan

Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Sti Nenotek saat ditemui di bandara El Tari Kupang, Selasa (19/12/2023). (ANTARA/Kornelis Kaha)

...Hal ini karena menurut prakiraan kami musim hujan di Kota Kupang akan dimulai pada pertengahan bulan Desember, otomatis pada saat Natal dan tahun baru nanti pasti akan diguyur hujan, kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Sti Nenotek di Ku
Kupang (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi El Tari Kupang memprediksi perayaan Natal 2023 dan perayaan Tahun Baru 2024 di Kota Kupang akan diguyur hujan.

"Hal ini karena menurut prakiraan kami musim hujan di Kota Kupang akan dimulai pada pertengahan bulan Desember, otomatis pada saat Natal dan tahun baru nanti pasti akan diguyur hujan," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang Sti Nenotek di Kupang, Selasa, (19/12/2023).

Hal ini disampaikannya saat ditemui di bandara El Tari Kupang usai mengikuti apel pembukaan posko Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 di bandara El Tari Kupang.

Sti mengatakan untuk mengantisipasi hal tersebut masyarakat atau umat Kristen yang akan melaksanakan ibadah malam Natal dan juga masyarakat yang ingin menyambut tahun baru agar selalu mengupdate atau memantau informasi BMKG soal cuaca di Kota Kupang.

"Informasi itu bisa masyarakat dapatkan di sosial media kami seperti di instagram InfoBMKG dan beberapa media sosial lainnya," ujar dia.

Dia menambahkan bahwa musim hujan di Kota Kupang sendiri memang sedikit terlambat jika dibandingkan dengan daerah lainnya di provinsi berbasis kepulauan itu.

Saat ini, ujar dia, beberapa daerah yang sudah memasuki musim hujan itu seperti di wilayah Manggarai Timur, sebagian Bajawa, lalu Nagekeo serta sebagian dataran tinggi Manggarai Barat, serta Sumba Timur dan Sumba Tengah.

Dia menambahkan bahwa saat ini NTT sendiri memiliki sembilan stasiun meteorologi dan tiga pos meteorologi. Sembilan stasiun dan pos meteorologi itu akan bekerja sama untuk memberikan informasi cuaca yang cepat dan akurat dan mudah dipahami untuk masyarakat khususnya umat Kristen yang akan merayakan Natal.

"Kami juga punya posko Natal dan tahun baru untuk mengupdate informasi cuaca di stasiun meteorologi kelas II Kupang," ujar dia.

Baca juga: Sejumlah wilayah diprakirakan dilanda hujan disertai petir

Sementara itu untuk cuaca di laut, sampai saat ini masih dalam kondisi aman. Sebab sejauh ini gelombang akan tinggi jika terjadi hujan sedang sampai lebat.

Baca juga: BMKG hujan prakirakan turun ditengah hingga timur

"Jika sudah hujan sedang sampai lebat akan disertai dengan gelombang yang tinggi," cakap dia.