Ikatan Keluarga Lamaholot Sorsel, Papua Barat rawat toleransi dengan bagikan takjil

id Keluarga Lamaholot Sorsel, Papua Barat Daya, bulan suci Ramadhan, Papua Barat daya

Ikatan Keluarga Lamaholot Sorsel, Papua Barat rawat toleransi dengan bagikan takjil

Ikatan Keluarga Lamaholot Sorsel saat membagikan takjil kepada pengguna jalan di Teminabuan, Selasa (19/3/2024). ANTARA/Paulus Pulo

...Ikatan Keluarga Lamaholot ini berasal dari berbagai daerah dan latar belakang keyakinan di antaranya Kristen, Katolik dan Islam, untuk itu dalam momentum ini kami mengajak semua umat beragama untuk membangun dan merawat toleransi di Sorsel
Teminabuan (ANTARA) - Ikatan Keluarga Lamaholot di Kabupaten Sorong Selatan (Sorsel), Papua Barat Daya merawat toleransi dengan membagikan 200 paket takjil kepada para pengendara kendaraan roda dua dan roda empat yang melintasi jalan utama Teminabuan - Maybrat.

Ketua Tungku Ikatan Keluarga Lamaholot, Alfons Segolo, di Teminabuan, Selasa, (19/3/2024) mengatakan keluarga besar Lamaholot yang berasal dari Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Lembata dan dari Kabupaten Flores Timur membagikan takjil sebagai bentuk dukungan kepada umat Islam di Sorsel yang tengah menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah.

"Ikatan Keluarga Lamaholot ini berasal dari berbagai daerah dan latar belakang keyakinan di antaranya Kristen, Katolik dan Islam, untuk itu dalam momentum ini kami mengajak semua umat beragama untuk membangun dan merawat toleransi di Sorsel," katanya.

Ia mengatakan, selain merawat toleransi antarumat beragama, kegiatan ini juga untuk menyatukan keluarga Lamaholot yang ada di Sorsel.

"Ini juga merupakan langkah awal dalam menjalin kekeluargaan dengan umat Muslim yang ada di luar keluarga Lamaholot agar lebih dekat saling menjaga dan merawat dalam kekeluargaan," kata Alfons.

Sementara itu Ketua Pemuda Lamaholot, Paskalis Ladopurab, mengatakan setelah membagikan takjil dilanjutkan dengan buka puasa bersama yang juga diikuti umat non-Muslim.

"Kita membangun kebersamaan antarumat beragama di tungku Lamaholot sebelum kita menjalin kekeluargaan dengan pihak luar," kata Paskal.

Baca juga: Paguyuban Lamaholot dukung Ayodhia Kalake sebagai Penjabat Gubernur NTT
Baca juga: Festival Lamaholot di Lembata masuk kelender Kharisma Event Nusantara 2024
Baca juga: Etnis Lamaholot komitmen jaga persaudaraan


Ia mengajak para pemuda di Sorsel agar selalu melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi banyak orang. "Kami mengajak semua pemuda untuk tetap menjaga kamtibmas dan merawat toleransi di Sorsel," ungkap Pascal.