Senator Demokrat desak Biden tetapkan solusi Palestina dan Israel

id amerika serikat,palestina,israel,solusi dua negara

Senator Demokrat desak Biden tetapkan solusi Palestina dan Israel

Ilustrasi - Seorang wanita yang menggendong seorang anak perempuan menyelamatkan diri usai serangan udara Israel yang menghantam permukiman Ridwan di Kota Gaza, Gaza, 23 Oktober 2023. (ANTARA/Anadolu/Ali Jadallah/pri)

...Perang yang dilancarkan Israel di Gaza telah mengakibatkan kehancuran dan puluhan ribu kematian. Kami menyerukan Anda untuk terus mengambil tindakan diplomasi yang berani selama masa krisis ini, tulis mereka dalam sebuah surat
Washington (ANTARA) - Sebanyak 19 senator Demokrat, yang dipimpin Tom Carper, pada Rabu (20/3) mendesak Presiden Amerika Serikat Joe Biden untuk menetapkan solusi dua negara bagi Palestina dan Israel.

“Perang yang dilancarkan Israel di Gaza telah mengakibatkan kehancuran dan puluhan ribu kematian. Kami menyerukan Anda untuk terus mengambil tindakan diplomasi yang berani selama masa krisis ini,” tulis mereka dalam sebuah surat.

Para senator tersebut juga mendesak Biden untuk "secara terbuka menguraikan jalan" bagi AS mengakui negara Palestina yang "tidak termiliterisasi".

“Mengingat parahnya krisis yang terjadi saat ini, momen ini membutuhkan tekad kepemimpinan AS yang harus bergerak lebih dari sekedar fasilitasi," lanjut mereka.

"Oleh karena itu, kami meminta Pemerintahan Biden segera menetapkan kerangka publik berani yang menguraikan langkah-langkah yang diperlukan AS untuk mengakui negara Palestina tanpa militer, termasuk Tepi Barat dan Gaza, yang akan diperintah oleh Otoritas Palestina yang telah direvitalisasi dan direformasi,” kata mereka menambahkan.

Para senator itu mengatakan mereka "terutama kecewa" atas penolakan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk terlibat dalam perjalanan menuju negara Palestina.

"Langkah diplomatik yang telah diambil anda dan pemerintahan anda sangat penting, dan kami mendorong Anda untuk berbuat lebih banyak lagi," tambah mereka.

Israel telah melancarkan serangan militer mematikan di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas pada 7 Oktober yang dipimpin kelompok perlawanan Palestina, Hamas, yang menewaskan hampir 1.200 warga Israel.

Hampir 32.000 warga Palestina yang sebagian besar perempuan dan anak-anak, tewas di Gaza, dan lebih dari 74.000 orang terluka di tengah kehancuran massal dan kekurangan kebutuhan pokok.

Perang Israel telah menyebabkan 85 persen penduduk Gaza mengungsi di tengah blokade yang melumpuhkan sebagian besar makanan, air bersih dan obat-obatan, sementara 60 persen infrastruktur di wilayah kantong tersebut telah rusak atau hancur, menurut PBB.

Israel dituduh melakukan genosida di Mahkamah Internasional. Keputusan sementara pada Januari memerintahkan Tel Aviv untuk memastikan pasukannya tidak melakukan tindakan genosida, dan menjamin bahwa bantuan kemanusiaan diberikan kepada warga sipil di Gaza.

Sumber: Anadolu
Baca juga: Sebanyak 40 Jurnalis Palestina masih ditahan Israel di Tepi Barat
Baca juga: Israel tak tunduk pada tekanan internasional untuk hentikan perang di Gaza
Baca juga: Jepang kaji putusan penangguhan pendanaan untuk UNRWA
Baca juga: Presiden Biden bilang Israel berhak mengejar Hamas







Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Senator Demokrat desak Presiden Biden tetapkan solusi dua negara