Timnas diharapkan tidak cepat berpuas diri usai kalahkan Vietnam

id Jay Idzes,Vietnam vs Indonesia,kualifikasi piala dunia 2026,timnas Indonesia

Timnas diharapkan tidak cepat berpuas diri usai kalahkan Vietnam

Bek timnas Indonesia Jay Idzes saat tampil dalam kemenangan perdana kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F ketika mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024) lalu. (ANTARA/Ho/PSSI)

"Luar biasa. Saya sudah melihat video sebelumnya

Jakarta (ANTARA) - Bek timnas Indonesia Jay Idzes tidak ingin Garuda cepat berpuas diri setelah mendapatkan kemenangan perdana pada kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F ketika mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3).

Hal ini dikatakan Idzes karena perjalanan Garuda di kualifikasi Piala Dunia zona Asia putaran kedua belum selesai dan akan menghadapi laga yang tak kalah penting ketika melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

"Ini baru satu pertandingan. Kami masih harus berjuang karena masih ada tiga pertandingan lain di grup ini. Pertandingan berikutnya (di kandang Vietnam) adalah pertandingan yang penting," kata Jay seperti dikutip dari laman resmi PSSI, Sabtu.

Dalam kesempatan yang sama, bek milik klub Serie B Italia Venezia itu juga mengomentari namanya yang sedang melambung tinggi di jagad dunia maya Indonesia setelah penampilan solid dan tenangnya saat melawan Vietnam.

Salah satu momen paling krusial yang dibuatnya adalah ketika dengan tenang mengamankan bola dari pemain Vietnam saat situasi serangan balik pada menit-menit akhir babak kedua. Berkat aksi sigapnya itu, skor 1-0 untuk kemenangan Indonesia berhasil dipertahankan.

Baca juga: Kondisi beberapa pemain Tmnas Indonesia sakit jelang lawan Vietnam di Hanoi

"Ya itu (viral di media sosial) menyenangkan, seperti yang diketahui ada beberapa keuntungan yang didapatkan ketika kita dikenal secara masif," ucap Jay.

Lebih lanjut, ia juga memberi komentar tentang atmosfer pada laga yang dihadiri 57.690 suporter itu.

"Luar biasa. Saya sudah melihat video sebelumnya dan melihat banyak pertandingan, tapi atmosfer dan para suporter sangat luar biasa, mereka membantu kami mendapatkan kemenangan," tutur bek 23 tahun tersebut.

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengapresiasi kerja keras penggawa timnas Indonesia saat memetik kemenangan perdana di kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua Grup F, setelah menundukkan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis.

Gol kemenangan Timnas Merah Putih dicetak oleh Egy Maulana Vikry pada menit ke-52. Pemain Dewa United itu mencetak gol seusai memanfaatkan kesalahan antisipasi bek Vietnam yang gagal menghalau bola dengan baik dari situasi lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Baca juga: STY panggil empat pemain naturalisasi baru untuk laga lawan Vietnam

"Alhamdulillah akhirnya kita memenangkan laga melawan Vietnam. Apresiasi kepada penampilan pemain yang tampil disiplin dalam pertandingan ini. Terima kasih juga penonton yang sudah datang langsung, maupun yang menyaksikan dari layar kaca serta doanya untuk kemenangan Timnas," ujar Erick seperti yang dilansir dari keterangan resmi PSSI, Kamis.

Erick pun berharap kemenangan ini dapat berlanjut ketika Garuda giliran bermain di Stadion My Dinh, Hanoi pada Selasa (26/3) mendatang.

Ia meminta seluruh penggawa timnas untuk tetap rendah hati, karena perjuangan untuk semakin dekat lolos putaran tiga kualifikasi Piala Dunia 2026 masih panjang dengan menyisakan tiga laga di putaran kedua.

"Semoga pemain tetap konsisten, tidak lengah saat nanti bertanding ke Vietnam. Tetap rendah hati, dan selalu fokus. Perjuangan masih panjang. Tak banyak waktu karena 26 Maret giliran kita yang akan tandang ke Vietnam," kata Erick.

"Jaga kondisi, disiplin, latihan yang keras. Ikuti semua instruksi dari pelatih. Buktikan kita bisa tampil baik juga di Vietnam nanti. Tentu kita ingin terus menjaga peluang bisa lolos ke fase berikutnya kualifikasi Piala Dunia 2026," ujarnya pula.