Gempa vulkanik Gunung Ruang cenderung menurun

id Gunung Ruang,erupsi

Gempa vulkanik Gunung Ruang cenderung menurun

Gunung Ruang di Pulau Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro pascaerupsi. ANTARA/Karel A Polakitan

...Kegempaan vulkaniknya fluktuatif cenderung menurun dan statusnya saat ini Siaga Level III, kata Juliana di Manado, Senin, (29/4/2024)
Manado (ANTARA) - Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Tanah Sulawesi dan Maluku Juliana DJ Rumambi mengatakan kegempaan vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara fluktuatif dan cenderung menurun.

"Kegempaan vulkaniknya fluktuatif cenderung menurun dan statusnya saat ini Siaga Level III," kata Juliana di Manado, Senin, (29/4/2024).

Dia mengatakan, karakteristik Gunung Ruang unik dan tidak dapat diprediksi karena kenaikan aktivitas cukup cepat.

"Tim dari PVMBG masih terus memantau aktivitas Gunung Ruang setelah erupsi beberapa waktu lalu," ujarnya.

Karena itu dia berharap dengan tingkat aktivitas Level III (Awas) warga mengikuti rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Masyarakat di sekitar Gunung Ruang, pengunjung dan wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius empat kilometer dari pusat kawah aktif," ajak Juliana.

Berdasarkan laporan pengamatan pada pukul 00.00 - 06.00 WITA, secara visual tampak gunung berkabut dan asap kawah tidak teramati.

Terekam sebanyak satu kali gempa guguran dengan amplitudo sembilan milimeter selama 37 detik, gempa vulkanik dangkal sebanyak sembilan kali dengan amplitudo 3-7 milimeter dengan durasi 8-15 detik.

Terekam juga sebanyak 61 kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo antara 5-55 milimeter, S-P : 1,3-1,5 detik dengan durasi 16-24 detik, sebanyak enam kali gempa tektonik lokal amplitudo 5-15 milimeter, S-P: 4,9-6 detik selama 27-29 detik, serta gempa tektonik jauh sebanyak satu kali dengan amplitudo 3 milimeter, S-P: tidak terbaca selama 31 detik.

Pada pengamatan sehari sebelumnya pukul 18:00-24:00 WITA, terkam sebanyak 12 gempa vulkanik dangkal dengan amplitudo: 5-16 milimeter selama 7-14 detik, sebanyak 31 kali gempa vulkanik dalam dengan amplitudo: 5-55 milimeter, S-P: 1-3 detik dengan durasi 15-57 detik, serta satu kali gempa tektonik jauh amplitudo enam milimeter, S-P: 12 detik dengan durasi 117 detik.

Baca juga: Badan Geologi ingatkan warga tak beraktivitas dekat Ile Lewotolok
Baca juga: PVMBG umumkan pencabutan peringatan bahaya tsunami akibat erupsi Gunung Ruang
Baca juga: PVMBG: Gunung Ruang tiga kali erupsi eksplosif











Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Balai Pemantauan: Gempa vulkanik Gunung Ruang cenderung menurun