Dinkes Mabar terima 1.100 vial vaksin percepat vaksinasi Polio

id Dinkes Mabar, Manggarai Barat, vaksinasi Polio, Polio, anak-anak, PIN Polio, NTT, Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat

Dinkes Mabar  terima 1.100 vial vaksin percepat vaksinasi Polio

Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat Adrianus Ojo. (ANTARA/Gecio Viana)

Jumlah vaksin Polio untuk dosis satu sebanyak 1.228 vial dan kami sudah memanfaatkan sisa vaksin itu untuk vaksinasi tahap dua, capaian vaksinasi 19,6 persen...
Labuan Bajo (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Adrianus Ojo mengatakan telah menerima 1.100 vial vaksin guna mempercepat vaksinasi polio tahap kedua bagi anak usia nol bulan hingga tujuh tahun di daerah itu.

"Kondisi stok vaksin Polio dosis kedua hari ini Manggarai Barat menerima dari Pemerintah Provinsi NTT sebanyak 1.100 vial atau 55 ribu dosis vaksin," katanya di Labuan Bajo, Rabu, (28/8).
 
Ada 34.219 orang anak menjadi sasaran Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024 di Kabupaten Manggarai Barat dan telah dilakukan peluncuran kegiatan pada 23 Juli 2024.

"Jumlah vaksin Polio untuk dosis satu sebanyak 1.228 vial dan kami sudah memanfaatkan sisa vaksin itu untuk vaksinasi tahap dua, capaian vaksinasi 19,6 persen," katanya.
 
Lebih lanjut ribuan vial vaksin untuk vaksinasi Polio tahap dua akan didistribusikan pada Kamis (29/8) ke 22 kecamatan di 12 kecamatan di Manggarai Barat.
 
"Nanti akan didistribusikan puskesmas ke pos pelayanan masing-masing," ujarnya.
 
Capaian vaksinasi Polio tahap satu di Manggarai Barat mencapai 108,3 persen atau sebanyak 37.067 anak dari total sasaran awal vaksinasi sebanyak 34.219 anak.

"Dalam proses vaksinasi ditemukan penambahan anak sehingga capaian vaksinasi polio melebihi target awal," katanya.
 
Untuk mengoptimalkan vaksinasi Polio, lanjut dia, tim vaksinator juga melakukan kunjungan ke rumah dan pemukiman warga agar anak-anak mendapatkan layanan vaksin Polio.
 
"Ketika mereka tidak datang petugas kami kejar dari rumah ke rumah, itu kesulitan petugas kami, seperti di Werang Kecamatan Sano Nggoang atau Kecamatan Macang Pacar atau daerah lainnya yang akses jalan kurang bagus, kalau hujan lebih sulit medan yang ditempuh petugas," jelasnya.

Baca juga: Dinkes Sikka: Capaian imunisasi Polio sebesar 98,1 persen
 
Ia juga meminta dukungan semua pihak di wilayah kecamatan agar berkolaborasi untuk mempercepat vaksinasi Polio.

Baca juga: Dinkes: Vaksinasi polio capai 44.978 anak di Kota Kupang
 
"Kita harus memiliki kesadaran bahwa vaksin Polio ini datang untuk menyelamatkan anak-anak kita agar terhindar dari penyakit polio, sehingga kita butuhkan dukungan semua," katanya.